SKRIPSI PAI
Hubungan Minat Siswa Mengikuti Ekstrakurikuler Menspit (Mental Spiritual) Dengan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri I Batang Tahun Ajaran 2013/2014
Ekstrakurikuler Menspit (Mental Spiritual) merupakan ekstrakurikuler
berbasis keagamaan yang dimanfaatkan untuk menumbuhkan minat siswa
terhadap mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Batang.
Melalui ekstrakurikuler ini siswa tidak hanya dapat memperdalam ilmu
pengetahuan Agama, tetapi juga dapat menerapkan nilai-nilai keislaman dalam
kehidupan sehari-hari. Banyaknya siswa yang berminat mengikuti ekstrakurikuler
Menspit (Mental Spiritual) membantu guru Pendidikan Agama Islam dalam
meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama
Islam.
Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah:
bagaimana minat siswa mengikuti Ekstrakurikuler Menspit (Mental Spiritual) di
SMA Negeri 1 Batang, bagaimana prestasi belajar Pendidikan Agama Islam yang
diperoleh siswa yang berminat mengikuti ekstrakurikuler Menspit (Mental
Spiritual) dan bagaimana hubungan minat siswa mengikuti ekstrakurikuler
Menspit (Mental Spiritual) dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa
SMA Negeri 1 Batang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dan merupakan jenis
penelitian lapangan (field research). Metode pengumpulan data menggunakan
metode observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Metode analisa data
menggunakan statistik product moment.
Berdasarkan analisis hasil penelitian dapat diketahui : Pertama, siswa
yang berminat mengikuti ekstrakurikuler Menspit (Mental Spiritual)
dikategorikan baik. Hal ini dibuktikan dari hasil angket sebanyak 37 % dengan
rata-rata 81 yang terletak pada interval 77-83. Kedua, prestasi belajar Pendidikan
Agama Islam yang dicapai siswa dari aspek pengetahuan berada dalam kategori
baik karena dibuktikan dari nilai rapor sebanyak 20 % dengan nilai rata-rata 91
yang terletak pada interval 90-93. Ketiga,ada hubungan positif antara minat siswa
mengikuti ekstrakurikuler Menspit (Mental Spiritual) dengan prestasi belajar
Pendidikan Agama Islam. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan yang
menghasilkan rxy / rh = 0,352 yang terletak pada interpretasi nilai “r” antara 0,21 –
0,40 yang menurut tabel patokan variabel X dan variabel Y terdapat hubungan
positif yang lemah antara minat siswa yang mengikuti ekstrakurikuler Menspit
(Mental Spiritual) dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam. Setelah
membandingkan nilai (rxy/rh) dengan nilai (r
t) pada tabel “r” pada taraf signifikan
5% diperoleh hasil yang signifikan antara nilai-nilai rh dengan rt pada taraf
signifikan 5% dengan nilai r
t adalah 0,291. Dengan demikian hipotesis yang
penulis ajukan dapat diterima. Jadi , terdapat hubungan positif yang lemah antara
minat siswa mengikuti ekstrakurikuler Menspit (Mental Spiritual) dengan prestasi
belajar Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Batang Tahun Ajaran
2013/2014.
15SK1521174.00 | SK PAI 15.174 ANI h | DIGITAL (http://repository.iainpekalongan.ac.id) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain