SKRIPSI PAI
Hubungan Antara Kemampuan Memimpin Kepala Sekolah Dengan Produktivitas Guru di madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan
Keluarga mempunyai peranan penting dalam mempersiapkan anak-anak untuk mencapai masa depan yang baik bagi diri sendiri,keluarga serta orang lain. Keluargalah yang mula-mula bertanggung jawab atas pendidikan anak-anak. Keluarga adalah wadah yang sangat penting diantara individu dan group, dan merupakan kelompok sosial yang pertama dimana anak-anak menjadi anggotanya. Dan keluargalah yang pertama-tama menjadi tempat untuk mengadakan sosialisasi kehidupan anak-anak. Ibu, ayah dan saudara-saudaranya serta keluarga-keluarga yang lain adalah orang-orang yang pertama dimana anak-anak mengadakan kontak dan yang pertama pula untuk mengajar pada anak-anak hidup dengan orang lain sampai memasuki sekolah, mereka menghabiskan seluruh waktunya didalam unit keluarga.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Bagaimanapendidikan anak-anak keluarga nelayan di desa Api-api kecamatan Wonokerto kabupaten Pekalongan?, (2) Bagaimana persepsi keluarga nelayan terhadap pendidikan anak di desa Api-api kecamatan Wonokerto kabupaten Pekalongan ?, (3)
Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi persepsi keluarga
nelayan terhadap pendidikan anak di desa Api-api kecamatan Wonokerto kabupaten Pekalongan?. Tujuan penelitian ini adalah: (1)
Untuk mendeskripsikanpendidikan anak-anak keluarga nelayan di desa Api-api kecamatanWonokerto kabupaten Pekalongan, (2)
Untuk mengetahui persepsi keluarga nelayan terhadap pendidikan anak di desa Api-api kecamatan Wonokerto kabupaten Pekalongan, (3) Untuk mendeskripsikanfaktor-faktor yang mempengaruhi persepsi keluarga nelayan terhadap pendidikan anak di desa Api-apikecamatan Wonokerto kabupaten Pekalongan.Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat menambah dan memperkaya khazanah keilmuan dalam dunia pendidikan.Penelitian ini termasuk penelitian lapangan
dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Dalam mengumpulkan data, penulis menggunakaninterview (wawancara)dan dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis data, penulis menggu
nakan analisa dengan menggunakan metode berpikir induktif.Dari hasil penelitian, dapat diketahui bahwa dari hasil pembahasan dan
penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: Pendidikan anaknelayan di desa Api-api termasuk sudah lumayan baik, dari 970 anak yang masih bersekolah ada 329 anak bahkan tidak sedikit dari mereka yang sekolah sampai tingkat SLTA dan ada juga yang sampai ke Perguruan Tinggiwalaupun jumlahnya hanya sedikit.Nelayan desa Api
-api kecamatan Wonokerto kabupaten Pekalongan memandang bahwasanya pendidikan bagi anak itu sangat penting untuk masa
depan mereka, agar tidak ketinggalan zaman. Selain untuk masa depan anak para nelayan mengatakan bahwasanya mereka tidak menginginkan anaknya kelak bekerja sebagai seorang nelayan seperti orang tuannyadan dapat mengangkat derajat orang tuanya.faktor yang mempengaruhi persepsi keluarga nelayan terhadap pendidikan anak adalah tingkat perekonomian keluarga, biaya sekolah yang mahal, dan rendahnya pengetahuan keluarga nelayan tentang pendidikanpraktis dalam masyarakat. Sehingga dalam pemecahan masalah ini menggunakan data yang ada di lapanganHasil penelitian, Hasil analisis korelasi antara Kemampuan memimpin
Kepala Sekolah dengan Produktivitas Guru Madrasah Ibtidaiah di Kecamatan
Wiradesa Kabupaten Pekalongan adalah r
xy = 0,721 dengan jumlah responden ( N ) adalah 51 dimana terletak pada interval 0,71 –0,90 termasuk dalam kategori kuat atau tinggi. Setelah dikonsultasikan dengan nilai r tabel,pada taraf signifikan 5 % didapat nilai r
tabel = 0,271, maka nilai rxy Error! Reference source not found.rtabel . Selanjutnya pada taraf signifikan 1 % diperoleh rtabel = 0,357, jika dibandingkan dengan nilai r
xy maka rxy Error! Reference source not found.r tabel.Dari hasil penelitian yang telah disajikan dapat diambil kesimpulan bahwa
terdapat korelasi positif yang signifikan antara Kemampuan memimpin Kepala
Sekolah dengan Produktivitas Guru Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Wiradesa
Kabupaten Pekalongan pada taraf signifikan 5 % didapat nilai rtabel = 0,271, maka nilai r
xy Error! Reference source not found.r
tabel . Selanjutnya pada taraf signifikan 1 % diperoleh rtabel = 0,357, jika dibandingkan dengan nilai r xy,maka r xy
Error! Reference source not found.r tabel.
Dengan demikian hipotesis yang penulis ajukan ( bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara Kemampuan memimpin Kepala Sekolah dengan ProduktivitasGuru Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan)
dapat diterima kebenaranya
15SK1521170.00 | SK PAI 15.170 FID h | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain