SKRIPSI PAI
Persepsi Keluarga Nelayan Terhadap Pendidikan Anak di Desa API-API Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan
Keluarga mempunyai peranan penting dalam mempersiapkan anak-
anak untuk mencapai masa depan yang baik bagi diri sendiri,keluarga serta orang lain. Keluargalah yang mula-mula bertanggung jawab atas pendidikan anak-anak. Keluarga adalah wadah yang sangat penting diantara individu dan group, dan merupakan kelompok sosial yang pertama dimana anak-anak menjadi anggotanya. Dan keluargalah yang pertama-tama menjadi tempat untuk mengadakan sosialisasi kehidupan anak-anak. Ibu, ayah dan saudara-saudaranya serta keluarga-keluarga yang lain adalah orang-orang yang pertama dimana anak-anak mengadakan kontak dan yang pertama pula untuk mengajar pada anak-anak hidup dengan orang lain sampai memasuki sekolah, mereka menghabiskan seluruh waktunya didalam unit keluarga.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Bagaimanapendidikan anak-anak keluarga nelayan di desa Api-api kecamatan Wonokerto kabupaten Pekalongan?, (2) Bagaimana persepsi keluarga nelayan terhadap pendidikan anak di desa Api-api kecamatan Wonokerto kabupaten Pekalongan ?, (3)
Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi persepsi keluarga
nelayan terhadap pendidikan anak di desa Api-api kecamatan Wonokerto kabupaten Pekalongan?. Tujuan penelitian ini adalah: (1)
Untuk mendeskripsikanpendidikan anak-anak keluarga nelayan di desa Api-api kecamatanWonokerto kabupaten Pekalongan, (2)
Untuk mengetahui persepsi keluarga nelayan terhadap pendidikan anak di desa Api-api kecamatan Wonokerto kabupaten Pekalongan, (3) Untuk mendeskripsikanfaktor-faktor yang mempengaruhi persepsi keluarga nelayan terhadap pendidikan anak di desa Api-apikecamatan Wonokerto kabupaten Pekalongan.Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat menambah dan memperkaya khazanah keilmuan dalam dunia pendidikan.Penelitian ini termasuk penelitian lapangan
dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Dalam mengumpulkan data, penulis menggunakaninterview (wawancara)dan dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis data, penulis menggu
nakan analisa dengan menggunakan metode berpikir induktif.Dari hasil penelitian, dapat diketahui bahwa dari hasil pembahasan dan
penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: Pendidikan anaknelayan di desa Api-api termasuk sudah lumayan baik, dari 970 anak yang masih bersekolah ada 329 anak bahkan tidak sedikit dari mereka yang sekolah sampai tingkat SLTA dan ada juga yang sampai ke Perguruan Tinggiwalaupun jumlahnya hanya sedikit.Nelayan desa Api
-api kecamatan Wonokerto kabupaten Pekalongan memandang bahwasanya pendidikan bagi anak itu sangat penting untuk masa
depan mereka, agar tidak ketinggalan zaman. Selain untuk masa depan anak para nelayan mengatakan bahwasanya mereka tidak menginginkan anaknya kelak bekerja sebagai seorang nelayan seperti orang tuannyadan dapat mengangkat derajat orang tuanya.faktor yang mempengaruhi persepsi keluarga nelayan terhadap pendidikan anak adalah tingkat perekonomian keluarga, biaya sekolah yang mahal, dan rendahnya pengetahuan keluarga nelayan tentang pendidikan
15SK1521168.00 | SK PAI 15.168 PER p | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain