SKRIPSI PAI
Peranan Guru Dalam Mengembangkan Bakat dan Minat Siswa Pada Kegiatan Ekstrakurikuler di MAS Hifal Pekalongan Tahun 2013/2014
Eviana, Nita, 2014 Peranan Guru dalam Mengembangkan Bakat dan Minat Siswa
pada Kegiatan Ekstrakurikuler di MAS HIFAL Pekalongan skripsi jurusan
Tarbiyah Program
S
1
reguler Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN)
Pekalongan,
Ahmad Ta’rifin, M.A.
Kata kunci: Guru, bakat minat, ekstrakurikuler
Pendidikian merupakan suatu kebutuhan yang dimiliki setiap orang.
Dalam pendidikan pasti ada kaitannya antara guru dan siswa. Setiap siswa pasti
memiliki bakat dan minat yang berbeda
-
be
da pula, sehingga guru mempunyai
peranan penting dalam mengembangkan bakat dan minat yang dimiliki siswanya
agar bermanfaat di kemudian hari.
Dalam penelitian ini penulis mengajukan permasalahan tentang b
agaimana
pengembangan bakat dan minat siswa pada keg
iatan ekstrakurikuler di MAS
HIFAL Pekalongan tahun 2013/2014?
b
agaimana peran guru dalam
pengembangan bakat dan minat siswa dalam
kegiatan ekstrakurikuler di MAS
HIFAL Pekalongan tahun 2013/2014?
f
aktor
-
faktor apa saja yang menjadi
pendukung dan penghamba
t pengembangan minat dan bakat siswa pada kegiatan
ekstrakurikuler di MAS HIFAL Pekalongan tahun 2013/2014?
Sedangkan
kegunaan penelitian ini adalah
d
apat diperoleh gambaran
tentang
pengembangan
bakat dan minat siswa pada kegiatan ekstrakurikule
r di MAS HI
FAL Pekalongan
,
d
apat diperoleh gambaran
tentang
peran guru dalam pengembangan bakat dan
minat siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler di MAS HI
FAL Pekalongan
, d
apat
diperolah gambaran
tentang faktor
-
faktor yang menjadi pendukung dan
penghambat pengembangan m
inat dan bakat siswa pada kegiatan ekstrakurikuler
di MAS HIFAL Pekalongan.
Pendekatan yang digunakan
dalam
penelitian ini adalah pendekatan
ku
alitatif
dengan
jenis penelitian yang dilaksanakan adalah jenis penelitian
lapangan. Pengumpulan data dengan obs
ervasi, intervi
u
w dan dokumentasi,
Analisis data yang digunakan adalah analisis non
-
statistik yaitu menggunakan
analisis deskriptif kualitatif, data yang diperoleh (berupa kata
-
kata, gambar, dan
perilaku) tidak dituang dalam bentuk bilangan atau angka kual
itatif. Peneliti
segera melakukan analisis data dengan memberi pemaparan mengenai situasi yang
diteliti dalam bentuk uraian naratif.
Hasil penelitian menunjukkan b
ahwa
peranan guru dalam
mengembangkan bakat dan minat siswa pada kegiatan ekstrakurikuler mau
pun
intrakurikuler sangat penting bagi perkembangan peserta didiknya di MAS
HIFAL Pekalongan tahun 2013/2014 sudah termasuk
kategori
baik dibandingkan
tahun
-
tahun yang lalu karena guru melaksanakan tugas, kewajiban dan tanggung
jawab secara total. Peranan
guru tersebut antara lain: menjadi pemimpin,
motivator, fasilitator, pembimbing, evaluator, dan lain sebagainya. Apalagi guru
yang tidak hanya mengajar yakni merangkap jabatan di madrasah itu benar
-
benar
mampu memanajemen aktivitasnya secara total
15SK1521167.00 | SK PAI 15.167 EVI p | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain