SKRIPSI PAI
Pola Pembelajaran Metode Bercerita Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Kejujuran Pada Anak (Studi Kasus di RA Muslimat Desa Wuled Tirto Pekalongan)
Agar dapat mewujudkan tujuan pendidikan berupa tertanamnya nilai-nilai kejujuran bagi para peserta didik, maka salah satu yang dapat dilakukan oleh guru selaku pendidik adalah dengan menerapkan metode dalam pola pembelajaran yang tepat. Peranan guru tidak lagi hanya sebagai penyampai informasi, tetapi juga sebagai pengarah dan pemberi fasilitas dan motivasi agar proses belajar mengajar dapat berlangsung secara baik dan efektif serta tercapainya target-target atau indikasi keberhasilan dalam kegiatan pembelajaran tersebut.. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah; (1) Bagaimana pola pembelajaran dengan metode bercerita dalam menanamkan nilai-nilai kejujuran bagi anak didik di RA Muslimat Desa Wuled Tirto Pekalongan? (2) Faktor-faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat pola pembelajaran dengan metode bercerita dalam menanamkan nilai-nilai kejujuran bagi anak didik di RA Muslimat Desa Wuled Tirto Pekalongan Adapun jenis penelitian dari penulisan skripsi ini adalah penelitian lapangan. Di mana penelitian yang digunakan adalah kancah kehidupan yang sebenarnya. Sedangkan pendekatannya dengan kualitatif yaitu suatu pendekatan dalam penelitian yang menekankan analisisnya pada penarikan kesimpulan dengan pernyataan. Metode atau teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis kualitatif dengan melakukan analisis kesmpulan dari observasi dan wawancara. Pola pembelajaran dengan metode bercerita dalam menanamkan nilai-nilai kejujuran bagi anak didik di RA Muslimat Desa Wuled Tirto Pekalongan dilakukan dengan mengembangkan tema-tema yang menjadi materi dalam kegiatan pembelajaran yang sedang dilaksanakan. Setiap guru yang mengembangkan pembelajaran dengan metode bercerita tersebut harus mampu mengetahui perkembangan psikologis dan tingkat kemampuan anak didik dalam menyerap pesan-pesan yang diulas dalam cerita tersebut.
Faktor-faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembelajaran dengan metode bercerita dalam menanamkan nilai-nilai kejujuran pada anak didik di RA Muslimat Desa Wuled Tirto Pekalongan. adapun faktor pendukungnya antara lain: (1) Kesiapan guru dalam melakukan persiapan-persiapan dalam melakukan strategi pembelajaran, (2) Suasana pembelajaran yang mampu diciptakan dengan sebaik-baiknya, (3) Pengembangan manajemen yang diterapkan oleh Kepala RA dalam mengatur jadwal pembelajaran. Sedangkan faktor Penghambatnya adalah fasilitas dan sarana yang masih belum memadai secara optimal dalam kegiatan pembelajaran dengan pengembangan metode
ii
bercerita seperti alat peraga yang menunjang dan membantu dalam proses bercerita yang dilakukan guru kepada anak-anak didiknya
15SK1521145.00 | SK PAI 15.145 BAD p | DIGITAL (http://repository.iainpekalongan.ac.id) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain