SKRIPSI PAI
Peran Motivasi Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI Siswa PAUD Islam Terpadu Permata Bunda Petarukan Pemalang Tahun Pelajaran 2013/2014
Semua guru harus memberikan hasil atau manfaat yang positif kepada siswa yaitu melalui konsep diri yang positif. Konsep diri yang positif ini akan mempengaruhi tingkah laku guru sehari-hari yang akan tercermin dalam perilaku mengajarnya. Proses dan hasil belajar PAI siswa PAUD merupakan usaha penanaman nilai-nilai keagamaan, karena PAI bagi anak usia dini sangat besar pengaruhnya bagi perjalanan rohani dan diharapkan dapat memacu perkembangan kecerdasan spiritual anak.
Penulis memaparkan tiga permasalahan pada penelitian ini yaitu bagaimana motivasi guru dalam mengajar PAI, hasil belajar PAI siswa, dan peran motivasi guru dalam meningkatkan hasil belajar PAI siswa PAUD IT Permata Bunda Petarukan Pemalang tahun pelajaran 2013/2014. Adapun tujuan dari penelitian adalah untuk mendeskripsikan motivasi guru, hasil belajar PAI siswa, dan peran motivasi guru dalam meningkatkan hasil belajar PAI siswa PAUD IT Permata Bunda Petarukan Pemalang tahun pelajaran 2013/2014. Kemudian kegunaan penelitian ini adalah untuk mengembangkan pengetahuan tentang peran motivasi guru dalam meningkatkan hasil belajar PAI siswa PAUD dan dijadikan pedoman bagi pendidikan, khususnya di lembaga pendidikan anak usia dini.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi guru PAUD IT Permata Bunda Petarukan dalam mengajar PAI yaitu dari harapan guru yang didukung kerjasama antara guru dan perhatian dari pengurus yayasan supaya siswa menjadi mandiri, disiplin dan dapat menanamkan nilai-nilai agama dan moral siswa secara dini. Hasil belajar PAI siswa PAUD IT Permata Bunda dikategorikan hafal dan tidak hafal. Peran motivasi guru dalam meningkatkan hasil belajar PAI siswa PAUD adalah dapat menimbulkan suasana belajar yang nyaman melalui tanggung jawab dan kedisiplinan guru, kemudian proses pembelajaran akan terarah melalui perencanaan pembelajaran guru, dan peningkatan kemampuan mengajar guru melalui pembelajaran yang kreatif dan inovatif dimana hasil akhirnya peningkatan hasil belajar. Sebagaimana presentase hasil belajar PAI siswa PAUD IT Permata Bunda Petarukan yaitu 77% siswa hafal dan 23% siswa tidak hafal maka telah terbukti bahwa motivasi guru memiliki peranan dalam meningkatkan kemampuan hasil belajar PAI siswa PAUD IT Permata Bunda Petarukan.
15SK1521143.00 | SK PAI 15.143 MAR p | DIGITAL (http://repository.iainpekalongan.ac.id) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain