SKRIPSI PAI
Peran Guru Dalam Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Anak (Studi Kasus di MIS Sapugarut Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan)
Sebagai seorang pendidik, guru tidak hanya berperan dalam mengembangkan kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional saja melainkan guru juga berperan dalam mengembangkan kecerdasan spiritual anak didiknya. Karena dengan kecerdasan spiritual tersebut diharapkan anak dapat berkembang seutuhnya. Mereka tidak hanya cerdas intelektual dan emosional, tetapi juga cerdas rohani.
Dalam penelitian ini,penulis memaparkan permasalahan tentang Bagaimana peranan guru di MIS Sapugarut Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan?, Bagaimana peranan guru dalam mengembangkan kecerdasan spiritual anak di MIS Sapugarut Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan?,dan apa saja faktor pendukung dan penghambat guru dalam mengembangkan kecerdasan spiritual anak di MIS Sapugarut Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan guru di MIS Sapugarut Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan, untuk mengetahui peranan guru dalam mengembangkan kecerdasan spiritual anak di MIS Sapugarut Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru dalam mengembangkan kecerdasan spiritual anak di MIS Sapugarut Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan. Sedangkan kegunaan penelitian ini adalah secara teoritis, sebagai pedoman bagi guru untuk menjadikan pertumbuhan dan perkembangan anak efektif melalui pembiasaan sikap, perilaku dan tindakan guna menggapai kecerdasan spiritual anak. Kemudian secara praktis, diharapkan dapat berguna bagi guru, orang tua maupun lembaga pendidikan.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field reseach). Adapun teknik pengumpulan data menggunakan metodewawancara,observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peranan guru di MIS Sapugarut Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan sudah terlihat baik dalam perannya sebagai sumber belajar, fasilitator, pengelola, demonstrator, pembimbing, motivator maupun sebagai evaluator. Peranan guru dalam mengembangkan kecerdasan spiritual anak di MIS Sapugarut Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan sudah baik, hal ini dapat dilihat dari berbagai cara yang dilakukan guru untuk mengembangkan kecerdasan spiritual anak di MIS Sapugarut Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan. Adapun faktor pendukung guru dalam mengembangkan kecerdasan spiritual anak di MIS Sapugarut Kecamatan Buaran
viii
Kabupaten Pekalongan, antara lain: Keluarga, lingkungan yang agamis dan pergaulan dengan teman yang baik. Dan yang menjadi factor penghambat guru dalam mengembangkan kecerdasan spiritual anak di MIS Sapugarut Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan, antara lain pergaulan dengan teman yang nakal dan Internet yang tidak dipergunakan sebagaimana mestinya.
15SK1521142.00 | SK PAI 15.142 RAH p | DIGITAL (http://repository.iainpekalongan.ac.id) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain