SKRIPSI PAI
Implementasi Pembelajaran Murotal di Taman Pendidikan Quran (TPQ) Kelurahan Pabean Pekalongan
Secara kuantitas perkembangan Taman Pendidikan Quran TPQ saat ini sangat pesat, namun hal itu tidak diikuti dengan kualitas pembelajaran murotal di dalamnya terutama dalam aspek makharijul huruf dan taghanni (irama) . Diantara penyebab rendahnya kualitas pembelajaran murotal di TPQ adalah guru-guru TPQ kurang menguasai teori tentang makharijul huruf dan taghanni (irama) dan minimnya pembinaan dari lembaga pemerintah terkait terhadap guru-guru TPQ untuk meningakatkan kompetensi mengajar baca tulis Alquran.
Permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini antara lain : Bagaimana pelaksanaan pembelajaran murotal di TPQ Kelurahan Pabean Pekalongan, apa saja kendala-kendala yang dihadapi guru-guru TPQ Kelurahan Pabean dalam pembelajaran murotal dan tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan tentang pelaksanaan Pembelajaran Murotal di TPQ Keluarahan Pabean Pekalongan serta untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi Guru-guru TPQ Kelurahan Pabean terhadap Pembelajaran Murotal. Sedangkan kegunaan hasil penelitian ini adalah Sebagai masukan dan evaluasi bagi TPQ Kelurahan Pabean dan TPQ pada umumnya, apakah pembelajaran murotal yang dilakukan sudah maksimal dan benar sesuai dengan kaidah-kaidah pedoman membaca Alqur’an yang disyariatkan oleh agama Islam, sehingga mampu untuk membentuk Qori’ Qori’ah yang berkualitas, juga sebagai tambahan wawasan dan pengetahuan bagi peneliti dan pembaca.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian berupa penelitian lapangan. Kemudian dalam pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian implementasi pembelajaran murotal di TPQ Kelurahan Pabean Pekalongan adalah semua TPQ yang ada di Kelurahan Pabean telah terdeteksi bahwa terdapat kesamaan dalam metode dan model pembelajaran murotal Alqur’an, yaitu metode Klasikal, Individual dan model pembelajarannya yaitu menggunakan pedoman kitab Jilid, dari jilid satu sampai dengan tamat jilid enam, dilanjutkan ke jenjang kitab Alqur’an, Amtsilati dan kitab-kitab lain. Adapun faktor-faktor yang menjadi kendala dalam pembelajaran murotal diantaranya adalah faktor kehadiran santri dan guru, Kurangnya fasilitas fisik, guru kurang menguasai teori murotal dan tidak adanya pembinaan murotal bagi guru.
15SK1521133.00 | SK PAI 15.133 LAT i | DIGITAL (http://repository.iainpekalongan.ac.id) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain