SKRIPSI PAI
Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Bangsa Dalam Proses Pembelajaran Menurut Kurikulum 2013 di SD Negeri 01 Gumawang Wiradesa Kab.Pekalongan
Pendidikan karakter bangsa merupakan pendidikan untuk membentuk kepribadian seseorang melalui pendidikan budi pekerti yang hasilnya terlihat dalam tindakan nyata seseorang. Indikator utama menurunnya moral anak di sekolah seperti siswa yang berani kepada gurunya, kenakalan anak yang meningkat, rendahnya nilai kesopanan, menyalah gunakan kemajuan teknologi, dan juga kurangnya kejujuran,hal tersebut karena kurangnya pendidikan karakter bangsa yang ada di sekolah dan hanya menngedepankan pada kognitifnya saja. Menyadari betapa pentingnya pendidikan karakter bangsa bagi setiap individumaka sekolah menjadi tempat untuk menginternalisasikan nilai pendidikan karakter bangsa kepada peserta didik yang bertujuan untuk menjadikan peserta didik mempunyai akhlak mulia yang menjadi generasi penerus bangsa.
Adapun rumusan penelitian ini adalah: (1) Bagaimana internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter bangsa dalam proses pembelajaran menurut kurikulum 2013 di SD Negeri 01 Gumawang Wiradesa Kab. Pekalongan?. (2) Faktor-faktor apa yang mempengaruhi internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter bangsa dalam proses pembelajaran menurut kurikulum 2013 di SD Negeri 01 Gumawang Wiradesa Kab. Pekalongan?. Tujuan penelitian skripsi ini adalah (1) Untuk mengeksplor internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter bangsa dalam proses pembelajaran menurut kurikulum2013 di SD Negeri 01 Gumawang Wiradesa Kab. Pekalongan. (2) Untuk mengeksplor faktor-faktor apa yang mempengaruhi internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter bangsa dalam proses pembelajaran menurut kurikulum 2013 di SD Negeri 01 Gumawang Wiradesa Kab. Pekalongan. Dan kegunaan penelitian ini (1) Secara teoritis untuk menambah wawasan guna mengetahui konsep pendidikan karakter dan juga upaya guru dalam menginternalisasikan pendidikan karakter dalam proses pembelajaran, sedangkan (2) Secara praktis untuk memperluas cakrawala bagi sekolah, pendidik, untuk menginternalisasikan nilai pendidikan karakter dalam proses pembelajaran.
Penelitian ini merupaka penelitian kualitatif, dengan menggunakan analisis data berupa analisis data induktif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, interview dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di SD Negeri 01 Gumawang, menunjukkan bahwa bahwa (1) Nilai-nilai pendidikan karakter bangsa yang dimunculkandan dalam proses pembelajaran adalah sikap jujur, sikap disiplin, sikap tanggung jawab, sikap santun, sikap peduli, dan sikap percaya diri. Beberapa sikap tersebut tertulis di dalam RPP yang kemudian sikap tersebut diinternalisasikan ke dalam proses pembelajaran. (2) Faktor-faktor yang
viii
mempengaruhi internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter bangsa dalam proses pembelajaran yaitu faktor pendukung: orang tua, kepala sekolah paham dengan konsep pendidikan karakter, Peran aktif guru dan kepala sekolah dalam kegiatan belajar mengajar, dan faktor penghambat: faktor lingkungan peserta didik, minimnya waktu, perkembangan teknologi yang disalah gunakan siswa
15SK1521125.00 | SK PAI 15.125 NUR i | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain