SKRIPSI PAI
Sistem Pendidikan Islam di Majlis Ta'lim Al- Barokah Desa Bondansari Kec. Wiradesa Kab.Pekalongan ( Tinjauan Kurikulum, Metode dan Evaluasi)
Di era sekarang ini sering kita jumpai adanya perilaku-perilaku menyimpang yang dilakukan oleh anak-anak usia remaja. Seandainya keadaan seperti itu dibiarkan dan berkembang maka pembangunan bangsa kita akan terganggu bahkan mungkin akan gagal. Dengan adanya hal terebut, perlu adanya pendidikan agama bagi anak-anak, karena salah satu faktor yang menyebabkan anak bertindak amoral adalah memudarnya nilai-nilai agama dalam diri anak. Pendidikan agama bagi anak remaja tidak cukup jika dilakukan didalam rumah saja, karena terkadang orang tua sibuk mengurusi pekerjaanya sendiri, pendidikan agama yang dilakukan di sekolah juga sangat singkat waktunya karena dibagi-bagi dengan pelajaran yang lain. Oleh karena itu, para remaja harus memperoleh tambahan ilmu agama selain dari sekolah dan keluarga, yaitu dari masyarakat. Salah satu lembaga pendidikan Islam yang sekarang ini banyak kita jumpai di masyarakat adalah majelis talim. Sebagai lembaga pendidikan Islam, majelis talim harus mempunyai komponen-komponen agar tujuan yang telah ditetapkan dapat tercapai. Tercapainya tujuan setidaknya dapat dilihat dari 3 komponen yaitu; kurikulum, metode dan evaluasi.
Adapun rumusan masalah dalam skripsi ini adalah Bagaimana kurikulum pembelajaran di Majelis Talim Al-Barokah ds. Bondansari, kec. Wiradesa? Bagaimana metode pembelajaran yang diterapkan di Majelis Talim Al-Barokah ds. Bondansari, kec. Wiradesa? Bagaimana evaluasi pembelajaran yang diterapkan di Majelis Talim Al-Barokah, ds. Bondansari, kec. Wiradesa?. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mendeskripsikan kurikulum pembelajaran di Majelis Talim Al-Barokah ds. Bondansari, kec. Wiradesa, untuk mendeskripsikan metode pembelajaran yang diterapkan di Majelis Talim Al-Barokah ds. Bondansari, kec. Wiradesa dan untuk mendeskripsikan evaluasi pembelajaran yang diterapkan di Majelis Talim Al-Barokah ds. Bondansari, kec. Wiradesa. Kegunaan penelitian ini adalah sebagai bahan informasi calon pendidik agar nantinya dapat melaksanakan kegiatan pembelajaran melalui penguasaan dan penerapan kurikulum, metode dan evaluasi serta untuk mengetahui dan mencari kemungkinan yang masih perlu diperbaiki bagi guru dalam mengahadapi kelemahan proses belajar mengajar.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan penekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan wawancara, dokumentasi dan observasi sedangkan teknik analisis datanya dengan teknik analisis berpikir
viii
induktif yaitu menganalisis fakta-fakta atau peristiwa khusus yang terjadi di Majelis Talim Al-Barokah ds. Bondansari kemudian ditarik generaliasasi-generalisasi yang bersifat umum.
Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah kurikulum di Majelis Talim Al-Barokah disusun berdasarkan Alquran, Hadis, dan disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Metode pembelajaran yang diterapkan di Majelis Talim Al-Barokah adalah metode nasihat, metode pemberian hukuman, metode penugasan, metode klasikal dan metode manqul. Sedangkan evaluasi yang diterapkan di Majelis Talim Al-Barokah adalah evaluasi awal masuk sebelum KBM dimulai, evaluasi sumatif, evaluasi diagnostik dan evaluasi penentuan kelulusan siswa di Majelis Talim Al-Barokah.
15SK1521124.00 | SK PAI 15.124 AST s | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain