SKRIPSI PBA
Efektivitas Metode Drill Dalam Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Arab Siswa MTs Yayasan Madrasah Islamiyah Wonopringgo Kabupaten Pekalongan
Kosa kata bahasa Arab merupakan hal yang mendasar dari pembelajaran
bahasa Arab. Tanpa penguasaan kosa kata, siswa tidak akan mampu belajar empat
kompetensi bahasa Arab (mendengar, berbicara, membaca, dan menulis) dengan
baik. Dalam pembelajaran kosa kata juga harus melalui metode yang tepat. Dan di
MTs. YMI Wonopringgo yang menjadi objek lapangan penelitian ini menerapkan
metode drill dalam pembelajaran kosa kata. Drill kosa kata penting untuk
dilakukan karena untuk mendukung perbendaharaan kosa kata bahasa Arab siswa.
metode drill ini diterapkan dalam pembelajaran kosa kata dengan alasan bahwa
metode drill dikatakan cocok untuk mendukung penguasaan kosa kata siswa.
berkaitan dengan itu, maka peneliti tertarik untuk mengetahui apakah penggunaan
metode drill ini efektif dalam pembelajaran kosa kata bahasa Arab siswa MTs.
YMI Wonopringgo.
Maka dari itu peneliti tertarik untuk mengangkat judul Efektivitas Metode
Drill Dalam Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Arab Siswa Mts. Yayasan Madrasah
Islamiyah Wonopringgo Kabupaten Pekalongan, dengan rumusan masalah :
Bagaimana penerapan metode drill dalam pembelajaran kosa kata bahasa Arab
siswa MTs. YMI Wonopringgo kabupaten Pekalongan?, Bagaimana efektivitas
metode drill dalam pembelajaran kosa kata bahasa Arab siswa MTs. YMI
Wonopringgo kabupaten Pekalongan?, Apa saja faktor pendukung dan
penghambat pembelajaran kosa kata bahasa Arab di MTs. YMI Wonopringgo
kabupaten Pekalongan?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, karena data yang
dihasilkan berupa data deskriptif dalam bentuk pernyataan atau kata-kata
deskriptif atau kata-kata tertulis yang berasal dari sumber data yang diteliti dan
diamati agar lebih mudah dipahami. Adapun jenis penelitian yang peneliti
gunakan yaitu penelitian lapangan (field research), yaitu peneliti dalam
melakukan penelitiannya terjun langsung ke lapangan dan membidik
pembelajaran yang ada di sana.
Hasil penelitian yang sudah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan
metode drill dalam pembelajaran kosa kata bahasa Arab di MTs. YMI Wonopringgo
sudah cukup baik. Dilihat dari proses kegiatan belajar mengajar yang teratur dan
dapat dikondisikan. Penerapan metode drillnya sendiri sudah cukup sesuai dengan
apa yang seharusnya. Dalam arti respon siswa sangat diperhatikan, sehingga tidak
sampai terjadi kebosanan pada diri siswa. Selain dari respon siswa, penerapan
drill ini dikatakan baik karena konsistensi pelaksanaannya. Dalam setiap bab yang
diajarkannya pasti dipraktekkan drill penguasaan maupun pemahaman kosa kata.
viii
Penggunaan metode drill dalam pembelajaran kosa kata di MTs. YMI
Wonopringgo juga dikatakan efektif karena sudah sesuai dengan indikatornya.
yaitu yang pertama, kondisi kelas kondusif. Kedua, dilihat dari siswanya cukup
aktif ketika pembelajaran kosa kata melalui metode drill berlangsung. Ketiga,
siswa lebih dapat fokus dengan pembelajarannya. Keempat, siswa dapat lebih
cepat memahami kosa kata bahasa Arab. Kelima, proses pembelajaran tidak
membosankan bagi siswa karena drill yang diterapkan tidak selalu dalam bentuk
setoran kata. Keenam, kemampuan penguasaan kosa kata siswa lebih terasah, dan
siswa lebih merasa siap dengan kompetensi selanjutnya. Lebih dalam dari itu,
bahwa nilai mayoritas siswanya terbukti mencapai kriteria ketuntasan minimal.
Sedangkan faktor-faktor pendukung dan penghambat pembelajaran kosa kata
melalui metode drillini dapat disimpulkan sebagai berikut:
Faktor pendukung: Minat, bakat, dan motivasi siswa, kemampuan kognitif siswa,
profesionalisme guru dalam mengajar, penambahan jam pelajaran di luar jam
sekolah (ekstra kurikuler bahasa Arab).
Faktor penghambat: Input siswa, kemampuan hafalan siswa, terbatasnya waktu.
15SK152232.00 | SK PBA 15.032 ALA e | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain