SKRIPSI PAI
Problematika Pembelajaran BTQ di TPQ As Salam Mbah Joko Ripto Desa Kauman Petarukan Pemalang
Pembelajaran adalah kegiatan yang di sengaja (sadar) oleh peserta didik dengan arahan bimbingan atau bantuan dari pendidik untuk memperoleh suatu perubahan.Untuk membuat anak didik mau belajar itu bukanlah hal yang mudah, karena dalam suatu proses pembelajaran tidak selalu dapat berjalan dengan lancar, ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi suatu proses pembelajaran.
Berdasarkan uraian di atas, maka penulis mengemukakan rumusan masalah sebagai berikut: Bagaimana pelaksanaan Pembelajaran BTQ di TPQ As Salam Mbah Joko Ripo Kauman Petarukan Pemalang, Bagaimana Problematika Pembelajaran BTQ di TPQ As Salam Mbah Joko Ripo Kauman Petarukan Pemalang, Bagaimana Upaya Pemecahan Problematika Pembelajaran BTQ di TPQ As Salam Mbah Joko Ripo Kauman Petarukan Pemalang. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan Pembelajaran BTQ di TPQ As Salam Mbah Joko Ripo Kauman Petarukan Pemalang, mendeskripsikan Problematika Pembelajaran BTQ di TPQ As Salam Mbah Joko Ripo Kauman Petarukan Pemalang, dan mendeskripsikan Upaya Pemecahan Problematika Pembelajaran BTQ di TPQ As Salam Mbah Joko Ripo Kauman Petarukan Pemalang. Kegunaan dari penelitian ini secara teoritis adalah: sebagai tambahan wawasan atau bahan bacaan bagi para pembaca dan memperkaya kepustakaan serta dapat dijadikan bahan bacaan bagi pembanding untuk penelitian yang relevan. Sedangkan kegunaan praktis: untuk mengetahui Problematika Pembelajaran BTQ di TPQ As Salam Mbah Joko Ripo Kauman Petarukan Pemalang.
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi, interview, dan dokumentasi. Sedangkan analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis reduksi data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa problematika pembelajaran BTQ yang terjadi di TPQ As Salam Mbah Joko Ripo sangat bervariatif mulai dari masalah jumlah guru,tidak adanya alat peraga,sikap anak yang kurang menghormati guru,kurangnya dukungan orang tua hingga kurangnya dukungan masyarakat.
15SK1521117.00 | SK PAI 15.117 MAZ p | DIGITAL (http://repository.iainpekalongan.ac.id) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain