SKRIPSI PAI
Study Komparasi Motivasi Belajar Siswa MTs Gondang Yang Tinggal Di Dalam Dan Luar Pondok Pesantren
Motivasi adalah suatu usaha untuk meningkatkan kegiatan dalam mencapai suatu tujuan tertentu, termasuk didalamnya kegiatan belajar. Dalam arti apabila seseorang menyebutkan motivasi belajar, yang dimaksud tentu segala sesuatu yang ditunjukan untuk mendorong atau memberikan semangat kepada seseorang yang melakukan kegiatan belajar agar menjadi lebih giat lagi dalam belajarnya untuk memperoleh prestasi yang lebih baik lagi.Di dalam skripsi ini penulis merumuskan masalah sebagai obyek pembahasan, yaitu Bagaimana motivasi belajar siswa yang tinggal di dalam pondok pesanten MTs Gondang Kabupaten Pekalongan? Bagaimana motivasi belajar siswa yang tinggal di luar pondok pesantren MTs Gondang Kabupaten Pekalongan?Bagaimana perbedaan motivasi belajar siswa yang tinggal di dalam dan di luar pondok pesantren MTs Gondang Kabupaten Pekalongan?.Adapun Tujuan penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan motivasi belajar siswa yang tinggal di dalam pondok pesanten MTs Gondang Kabupaten Pekalongan.Untuk mendeskripsikan motivasi belajar siswa yang tinggal di luar pondok pesantren MTs Gondang Kabupaten Pekalongan.Untuk mengetahui adanya perbedaan motivasi belajar siswa yang tinggal di dalam dan di luar pondok pesantren MTs Gondang Kabupaten Pekalongan.Adapun kegunaan dari penelitian ini adalah dapat dijadikan pertimbangan bagi pengelola pondok pesantren MTs Gondang Kabupaten Pekalongan, dalam meningkatkan motivasi belajar siswa menuju kondisi yang lebih baik, sebagai sumbangan berupa bahan pertimbangan bagi kepala sekolah dan guru MTs Gondang Kabupaten Pekalongan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa baik yang tinggal di dalam pondok maupun yang tinggal di luar pondok pesantren dan memberi gambaran kemampuan siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, pendekatan yang menekankan analisanya pada data-data angka (numerical) yang diolah dengan metode statistika, sedangkan jenis penelitian yang digunakan Penelitian studi kasus. Untuk memperoleh data yang dibutuhkan dalam penelitian ini dengan menempuh beberapa teknik pengumpulan data seperti kuesioner atau angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data, penulis menggunakan rumus test âtâ independen.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah penulis kaji dan laksanakan baik penelitian kepustakaan maupun penelitian lapangan dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: Bahwa tingkat Motivasi siswa yang tinggal di dalam pondok pesantren MTs Gondang Kabupaten Pekalongan dalam kategori Istimewa, dibuktikan dengan nilai mean yang diperoleh 61,5 terdapat antara interval (57-62) atau sebesar 12,3% dari rata-rata M1 = 61,5: 5 interval. Bahwa tingkat Motivasi
siswa yang tinggal di luar pondok pesantren MTs Gondang Kabupaten Pekalongan dalam kategori baik, dibuktikan dengan nilai mean yang diperoleh 56,4 terdapat anatara interval (51 - 56) atau sebesar 11,3% dari rata-rata M2 = 56,4 : 5 interval. Berdasarkan pada analisis kuantitatif di atas menujukkan bahwa motivasi belajar siswa MTs Gondang yang tinggal di dalam pondok pesantren denngan motivasi belajar siswa MTs Gondang yang tinggal di luar pondok pesantren tidak terdapat perbedaan yang signifikan. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis statistic bahwa nilai t sebesar 1,544 berada lebih kecil dari pada nilai t yang ada pada tabel baik pada taraf signifikan 5% yaitu 2,00 dan pada taraf signifikan 1% yaitu 2,390. Jadi hipotesa alternatif (Ha) yang diajukan yaitu ada perbedaan adalah ditolak dan hipotesa nihil (Ho) yang mengatakan tidak terdapat perbedaan yang signifikan adalah diterima.
15SK1521007.00 | SK PAI 15.007 SEP s | DIGITAL (http://repository.iainpekalongan.ac.id) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain