SKRIPSI PBA
Pembelajaran Maharah Al-Qira'ah Siswa Kelas V MINU Buaran Pekalongan
Madrasah Ibtidaiyah Nahdhotul Ulama’ (MINU) Buaran Pekalongan sebagai salah satu lembaga pendidikan formal yang berada di naungan Kementerian Agama menjadikan bahasa Arab sebagai mata pelajaran yang berfungsi sebagai bahasa agama, pengetahuan juga sebagai alat komunikasi juga sebagai komponen pilihan pokok pembelajaran bahasa Asing disamping bahasa Inggris.
Pembelajaran bahasa Arab MINU Buaran Pekalongan tidak mungkin terlepas dari problematika. Dari observasi yang peneliti lakukan, proses pembelajaran bahasa Arab MINU Buaran Pekalongan khususnya kelas V belum memenuhi harapan sebagaimana dengan targer yang diharapkan dalam mempelajari bahasa Arab terutama ketrampilan membaca ((mahārah al-Qirā’ah).
Ketrampilan membaca siswa kelas V MINU Buaran Pekalongan masih etrlihat tampak jelas terdapat problematika, walaupun sudah menjadi mata pelajaran wajib dan sudah diterapkan dari kelas 1, akan tetapi masi terasa sulit mendapatkan hasil yang optimal. Salah satu kendala-kendala itu disebabkan oleh beberapa faktor antara lain tat bunyi atau pengucapan, perbedaan arah tulisan, lambat dalam membaca, pengulangan arah pandang, banyak kosakat yang belum dikuasai, ketelitian kelancaran membaca dan belum mengenal makna kata tersebut dengan sesuai konteks.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut : (1) bagaimana proses pembelajaran mahārah al-Qirā’ah siswa kelas V MINU Buaran Pekalongan? (2) bagaimana problematika pembelajaran mahārah al-Qirā’ah siswa kelas V MINU Buaran Pekalongan? (3) bagaimana upaya yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi problematika tersebut?. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) untuk
mengetahui proses pembelajaran mahārah al-Qirā’ah siswa kelas V MINU Buaran Pekalongan. (2) Untuk mengetahui problem-problem atau kendala-kendala yang dihadapi dalam pembelajaran mahārah al-Qirā’ah siswa kelas V MINU Buaran Pekalongan. (3) Untukmengetahuiupaya-upaya yang dilakukanoleh guru untukmengatasi problem tersebut.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research). Sedangkan pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hail penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran mahārah al-Qirā’ah siswa kelas V MINU Buaran Pekalongan sudah dikatakan berjalan semestinya, meskipunterdapat kendala-kendala atau problematika yang masih terlihat selama pembelajaran bahasa Arab yang antara lain seperti dari segi tulisan, tata bunyi, kosakata, tata bahasa, minat dan motivasi, serta minimnya siswa yang mempunyai buku paket bahasa Arab. Adapun problematika di atas dapat dibenahi dan dicari solusinya. Solusi untuk mengatasi problematika dari faktor tulisan yaitu guru menyuruh siswanya untuk menulis kembali teks bacaan yang akan dibahas ke dalam bukunya masing-masing agar terbiasa menulis huruf-huruf bahasa Arab dengan baik dan benar. Solusi untuk mengatasi problematika dari faktor tata bunyi yaitu guru menyuruh siswa untuk membaca teks bacaan dengan keras karena apabila ada yang salah dalam membacanya maka guru akan mengingatkannya dan membenarkannya. Solusi untuk mengatasi problematika dari faktor tata bahasa dan kosakata yaitu guru menerangkan susunan tata bahasa atau nahwu walaupun hanya sebentar saja hanya yang menyangkut dengan apa yang terdapat dalam teks bacaan yang dibahas dan untuk mengatasi problematika dari faktor kosakata biasanya guru menanyakan arti dari setiap mufrodat dan mengulang terus meneus mufrodat yang sekiranya susah di artikan dan difahami oleh siswa. Solusi untuk mengatasi problematika dari faktor minat dan motivasi biasanya guru menggunakan permainan edulatif dan memberikan motivasi kepada siswanya. Dan yang terakhir solusi untuk mengatasi problematika dari faktor minimnya siswa yang mempunyai buku paket bahasa Arab kelas V yaitu guru menulis kembali teks bacaan di papan tulis dan menyarankan yang belum punya buku paket bahasa Arab untuk memfotokopinya
15SK152231.00 | SK PBA 15.031 ASO p | DIGITAL (http://repository.iainpekalongan.ac.id) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain