Skripsi
Persepsi Guru PAI Terhadap Kurikulum 2013 (Studi Kasus Di MTs Hasbullah Kec.Karanganyar Kab. Pekalongan)
Saat ini, dalam segi kurikulum salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan adalah dengan memberlakukan kurikulum 2013. Dalam hal ini yang paling diutamakan adalah siswa, dimana siswa dituntut untuk aktif dalam mengikuti semua mata pelajaran, baik dalam segi pemahaman maupun penerapan dalam kehidupan sehari-hari. jadi seorang guru berfungsi sebagai operator atau pemandu dalam kelas atau meluruskan yang belum di pahami oleh siswanya. Oleh karena itu, guru diharapkan mampu memiliki kompetensi yang diperlukan untuk melaksanakan tugas dan fungsinya secara efektif dan efisien dalam menerapkan kurikulum 2013.
Permasalahan dalam skripsi ini meliputi: Bagaimana persepsi guru PAI terhadap kurikulum 2013 di MTs Hasbullah Kec. Karanganyar Kab. Pekalongan dan faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi guru PAI terhadap kurikulum 2013 di MTs Hasbullah Kec. Karanganyar Kab. Pekalongan. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui persepsi guru PAI terhadap kurikulum 2013 di MTs Hasbullah Kec. Karanganyar Kab. Pekalongan dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi guru PAI terhadap kurikulum 2013 di MTs Hasbullah Kec. Karanganyar Kab. Pekalongan. Kegunaan penelitian ini secara teoristis Memberikan kontribusi bagi dunia pendidikan pada umumnya, dan khususnya pada pendidikan formal tentang penerapan kurikulum 2013 dan juga penelitian ini dapat menjadi tambahan khazanah atau pengetahuan, khususnya bagi guru dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar. Sedangkan secara praktis untuk menambah wawasan keilmuan dalam sumbangan bagi pembaca pada umumnya dan bagi penulis pada khususnya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), pendekatan penelitannya yakni pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini bahwa persepsi guru PAI terhadap kurikulum 2013 di MTs Hasbullah sudah cukup paham, hal itu dapat dilihat dari hasil wawancara dan observasi yang dilakukan secara langsung., Dalam proses pembelajaran kurikulum 2013 menggunakan pendekatan saintifik, yakni guru berperan dalam menumbuhkan rasa ingin tahu kepada siswa agar siswa dapat terpancing untuk mengamati, bertanya, mencoba, menganalisis kemudian presentasi dan dapat di terapkan dalam kehidupan sehari-hari. persepsi guru PAI dalam penilaian menurut kurikulum 2013 adalah rumit, terlalu banyak yang harus dinilai. Hal tersebut bisa dilihat dari hasil wawancara dan observasi. faktor pengalaman guru PAI dapat mempengaruhi persepsi guru PAI terhadap kurikulum 2013.
15SK1521005.00 | SK PAI I5.005 ALI p | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain