SKRIPSI PAI
Korelasi Antara Motivasi Berprestasi Dengan Kinerja Guru Di Yayasan Salafiyah Gapuro Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang
Guru merupakan ujung tombak pendidikan. Agar tujuan pendidikan dapat tercapai guru
harus mempunyai kompetensi keguruan. Keberagaman guru baik dari sisi pendidikan, status,
maupun kesejahteraan hidupnya mengakibatkan pada kinerja yang berfluktuasi yang berbeda
-beda. Dalam penelitian ini, rumusan masalah yang diajukan adalah Bagaimana kinerja guru dan
Bagaimana korelasi motivasi berprestasi terhadap kinerja guru di Yayasan Salafiyah
Gapuro Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang? Tujuannya adalah u ntuk mengetahui
motivasi berprestasi guru, kinerja guru
dan mendeskripsikan korelasi antara motivasi
berprestasi dengan kinerja guru Yayasan Salafiyah Gapuro Warungasem Batang.
Kegunaannya adalah menambah wawasan serta mendapatkan pengetahuan baru dalam dunia
pendidikan dan sebagai masukan bagi guru, kepala sekolah dan yayasan dalam meningkatkan
mutu pendidikan dengan lebih dapat memberikan motivasi dalam rangka meningkatkan
kinerja guru.
Metode dalam penelitian ini yaitu dengan jenis penelitian lapangan dan dengan
pendekatan kuantitatif. Populasinya yaitu seluruh
seluruh guru di Yayasan Salafiyah Gapuro yang berjumlah 32, dan semuanya dijadikan sampel oleh karena itu penelitian ini disebut penelitian populasi.
Metode pengumpulan datanya yaitu dengan
observasi, interview, angket, dan dokumentasi.
Untuk metode analisis datanya yaitu dengan menggunakan metode statistik
teknik korelasi product moment.
Hasil penelitiannya yaitu bahwa
motivasi berprestasi guru di Yayasan Salafiyah Gapuro termasuk dalam
kategori sedang yaitu dengan nilai rata-rata 28,93. Nilai tersebut berada dalam interval 28–32.
Sedangkan kinerja guru di Yayasan Salafiyah Gapuro termasuk dalam
kategori baik, hal ini dibuktikan dengan nilai rata
-rata 30,06. Nilai tersebut berada dalam
interval 30–34. Motivasi berprestasi guru di Yayasan Salafiyah Gapuro berpengaruh positif
terhadap kinerja guru. Hal ini dapat dibuktikan baik pada taraf signifikan 5% maupun 1%,
dengan N = 32. Pada taraf signifikan 5% didapat rt = 0349 dan pada taraf signifikan 1%
didapat rt = 0,449. Dengan demikian rxy baik pada taraf signifikan 5% maupun 1% lebih
besar dari pada rt. Maka hasilnya pada taraf signifikan 5% 0,857 > 0,349 dan pada taraf
signifikan 1% 0,857 > 0,449. Hal ini berarti adanya pengaruh positif antara motivasi
berprestasi dengan kinerja guru pada Yayasan Salafiyah Gapuro Kecamatan Warungasem
Kabupaten Batang. Hal ini membuktikan bahwa hipotesis yang peneliti ajukan diterima.
13SK130221.00 | PAI14.1302 MUN k | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain