SKRIPSI PAI
Implementasi Pembelajaran PAI Materi Alif Lam Syamsiyah Dan Alif Lam Qomariyah Berbasis Multimedia Pada Kelas VII Semester Ganjil Di SLTP Negeri 1 Ulujami
Kata Kunci : Implementasi Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, dan Multimedia.
Didalam pelaksanaan pembelajaran, media mempunyai arti yang cukup penting, karena dalam kegiatan tersebut ketidakjelasan bahan yang disampaikan dapat dibantu dengan menghadirkan media sebagai perantara, kerumitan bahan
yang akan disampaikan kepada siswa dapat disederhanakan melalui media.Maka
disini digunakan media sebagai alat bantu dalam mengajar yang meliputi semua
alat peraga yang dapat digunakan untuk membantu siswa belajar sehingga dapat
menjadikannya efektif dan efisien,dengan alat bantu tersebut diharapkan pelajaran akan lebih menarik, menjadi konkrit, mudah dipahami,hemat waktu dan tenaga serta hasil belajar akan bermakna. Multimedia termasuk salah satu
alat bantu atau media pengajaran yang memungkinkan para siswa mengatur kecepatan belajar, banyaknya pelajaran dan urutan pelajaran.
Multimedia yang terdiri dari kombinasi
antara teks, animasi,audio,video dan grafik
ini telah digunakan di SLTP Negeri I Ulujami untuk pembelajaran PAI materi Alif Lam Syamsiyah dan Alif Lam Qomariyah.
Berdasarkan latar belakang diatas,maka permasalahan yang muncul adalah
bagaimana implementasi pembelajaran PAI Materi Alif Lam Syamsiyah dan Alif Lam Qomariyah berbasis multimedia di kelas VII SLTP Negeri I Ulujami?
Bagaimana hasil implementasi pembelajaran
PAI materi Alif Lam Syamsiyah dan Alif Lam Qomariyah berbasis multimedia di kelas VII SLTP Negeri I Ulujami?
Dan apa saja faktor penghambat dan penunjang pembelajaran PAI materi Alif Lam Syamsiyah dan Alif Lam Qomariyah berbasis multimedia di kelas VII SLTP Negeri I Ulujami? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
proses implementasi pembelajaran PAI materi Alif Lam Syamsiyah dan Alif Lam Qomariyah berbasis multimedia, untuk mengetahui hasil implementasi
pembelajaran PAI materi Alif Lam Syamsiyah dan Alif Lam Qomariyah berbasis multimedia
dan untuk mengetahui faktor penghambat dan penunjang pembelajaran PAI materi Alif Lam Syamsiyah dan Alif Lam Qomariyah berbasis
multimedia pada kelas VII di SLTP Negeri I Ulujami.
Kegunaan penelitian ini secara teoretis diharapkan dapat memperkaya informasi dalam ilmu pendidikan, khususnya teknologi pengajaran
dan secara praktis diharapkan penelitian ini dapat
memberikan wawasan kepada para pendidik untuk menggunakan media yang tepat dalam pembelajaran.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
lapangan (field research).
Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode interview, observasi,dan dokumentasi.
Sedangkan metode analisis yang digunakan adalah
dengan menelaah seluruh data yang dikumpulkan baik yang diperoleh melalui wawancara, observasi maupun dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan multimedia dalam
pembelajaran PAI materi Alif Lam Syamsiyah dan Alif Lam Qomariyah pada kelas VII di SLTP Negeri I Ulujami berhasil dengan baik
dilihat dari persiapan
yang telah dilakukan secara maksimal dan pelaksanaan yang sesuai dengan
rencana pembelajaran serta evaluasi yang sangat efektif yang meliputi penilaian
proses dan penilaian hasil, efektifitas pembelajaran dapat diketahui melalui tujuan
pembelajaran yang telah tercapai, proses pembelajaran dengan multimedia telah
berhasil memotivasi siswa dalam mempelajari materi dan menciptakan
komunikasi yang baik, hasil pembelajaran juga
mengalami peningkatan dari nilai rata–rata 67,7 menjadi 75, faktor penghambat
dalam penggunaan multimedia
antara lain kesulitan siswa mengubah kebiasaan cara belajar, tidak semua guru
menguasai multimedia, tidak adanya listrik pengganti bila listrik padam dan
penggunaan ruang multimedia yang berbarengan dengan pelajaran lain.sedangkan
faktor penunjang
antara lain minat peserta didik yang besar, kesadaran dan semangat guru, pemantauan dari guru, dukungan wali murid serta perkembangan
kurikulum PAI yang menuntut pembaruan metode pembelajaran agar lebih menarik peserta didik.
13SK130721.00 | PAI14.1307 MIL i | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain