Penerapan Metode An-Nahdliyah Dalam Pembelajaran Al-Qur'an Di TPQ Roudlotut Tholibin Kepokoh Blado Batang
Di dalam masyarakat telah banyak berkembang metode-metode pembelajaran Al-Quran yang masing-masing bertujuan agar anak didik dapat
mempelajari Al-Quran dengan mudah dan menghasilkan anak didik yang mampu
membaca Al-Quran dengan baik dan benar.
Diantara metode-metode tersebut antara lain metode al-banjari, metode struktur analitik sintetik, metode bagdadiyah, metode hijaiyah yang disempurnakan, metode Iqra, metode al-Barqy
, metode praktis baca tulis Al-Quran al-Jabari
, metode qiraati, Serta metode an-Anahdliyah.
Dari bermacam-macam metode
Salah satu metode tersebut adalah metode an-Nahdliyah. Metode ini lahir dari Lembaga Pendidikan
Maarif NU Tulungagung bersama dengan para kyai dan para ahli di bidang pengajaran al-Quran. Metode tersebut diberi nama {Metode Cepat Tanggap Belajar Al-Quran An-Nahdliyah}. Lahirnya metode tersebut didasari oleh beberapa pertimbangan. Berdasarkan latar belakang di atas, maka permasalahan yang dapat
diangkat adalah: bagaimana pelaksanaan metode
an-Nahdliyah di TPQ Roudlotut Tholibin Kepokoh
BladoBatang. bagaimana prestasi belajar santri
di TPQ Roudlotut Tholibin Kepokoh Blado Batang.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjawab dari pertanyaan-pertanyaan tersebut. Sedangkan kegunaan penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran bahwa dalam prestasi belajar santri di
TPQ Roudlotut Tholibin Kepokoh Blado Batang
ini memberikan banyak manfaat untuk para orang tua khususnya dan juga pada pembentukan
akhlak pada anak.
Metode yang digunakan penulis adalah dengan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang penulis lakukan adalah lapangan (field research). Teknik
pengumpulan data yang penulis lakukan adalah dengan metode observasi, interview dan dokumentasi. Adapun data yang telah terkumpul dianalisis dan diteliti berdasarkan analisis yang bersifat deskriptif, yaitu menggambarkan
mengenahi penerepan metode an-Nadliyah
di TPQ Roudlotul Tholibin Kepokoh Blado Batang.
Bahwa dalam penerepanya memenuhi hasil yang baik. hal ini dapat dilihat dari,
penerapanya sesuai dengan panduan buku an-Nahdliyah, waktu yang lebih cepat, dan siswa lebih mudah dalam memahami bacaan-bacaan Al-Quran
,nilai dan prestasi yang meningkat.
Selanjutnya hasil dari penelitian dalam skripsi ini adalah menguraikan jawaban-jawaban dari permasalahan yang ada. Pelaksanaan pembelajaran metode di TPQ Roudlotut Tholibin
Kepokoh Blado Batang.
Prestasi anak di TPQ Roudlotut Tholibin
Kepokoh Blado Batang yang kurang mendapat perhatian karena orang tua mereka sibuk dengan
pekerjaannya. Sehingga dengan adanya di
TPQ Roudlotut Tholibin Kepokoh Blado Batang
mempunyai kontribusi besar terhadap perubahan
prestasi belajar anak dalam membaca Al-Quran
khususnya di Dukuh Kepokoh Blado Batang.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain