SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Korelasi Antara Persepsi Mahasiswa Tentang Kompetensi Dosen Dengan Motivasi Belajar Mahasiswa Program Studi PAI Angkatan 2010 STAIN Pekalongan
Kata Kunci: kompetensi dosen, motivasi belajar mahasiswa
Motivasi belajar sangat penting dalam proses pembelajaran. Tanpa adanya
motivasi, maka proses belajar tidak akan berjalan dengan baik. Persepsi
mahasiswa terhadap dosen pun ikut mempengaruhi motivasi belajar mahasiswa,
yang dalam hal ini adalah persepsi mahasiswa tentang kompetensi dosen meliputi
kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional. Menjadi salah satu
tugas dosen sebagai pendidik adalah membangkitkan motivasi belajar mahasiswa.
Oleh karena itu, dosen harus senantiasa mengoptimalkan kompetensi yang
dimiliki. Dengan motivasi belajar yang tinggi proses belajar mengajar dapat
berjalan dengan efektif dan efisien sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran
yang diinginkan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi
mahasiswa tentang kompetensi dosen, bagaimana motivasi belajar mahasiswa
program studi PAI angkatan 2010 STAIN Pekalongan, dan bagaimana korelasi
antara persepsi mahasiswa tentang kompetensi dosen dengan motivasi belajar
mahasiswa program studi PAI angkatan 2010 STAIN Pekalongan. Penelitian ini
memberikan informasi mengenai korelasi antara persepsi mahasiswa tentang
kompetensi dosen dengan motivasi belajar mahasiswa sebagai masukan bagi
dosen agar senantiasa mengoptimalkan kompetensi yang dimiliki dalam
menjalankan tugasnya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian
yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Sedangkan teknik
pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, observasi, dan dokumentasi.
Responden adalah mahasiswa PAI angkatan 2010 reguler yang ditentukan secara
random sampling. Data yang terkumpul terlebih dahulu diuji validitas, reliabilitas
untuk memastikan kesahihan, kehandalan alat ukur serta uji normalitas sebagai
persyaratan untuk melakukan analisis dengan metode statistik parametrik yang
dalam hal ini digunakan analisis korelasi product moment.
Hasil penelitian ini adalah persepsi mahasiswa tentang kompetensi dosen
(variabel X) adalah baik dengan persentase 50% pada interval 68,2 – 81,6.
Motivasi belajar mahasiswa (variabel Y) dikategorikan sangat baik dan baik
dengan persentase 34, 21% pada interval . Berdasarkan perhitungan didapatkan
hasil rxy = 0,90, rt pada taraf signifikan 5% adalah 0,329, dan pada taraf signifikan
1% adalah 0,424, sehingga rh > rt, yang berarti hipotesis diterima. Selanjutnya
dapat disimpulkan bahwa antara persepsi mahasiswa tentang kompetensi dosen
dengan motivasi belajar mahasiswa terdapat korelasi positif yang kuat.
I2SKI20321.00 | PAI14.1203 IFT k | My Library (lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain