SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Tingkat Penguasaan Kompetensi Paedagogik Guru PNS Dan Guru Wiyata Bhakti Di SD Negeri Kedungmalang Kecamatan Wonotunggal Kabupaten Batang
Kata Kunci: Tingkat, Kompetensi Paedagogik, guru PNS, Guru Wiyata Bhakti.
Dalam Undang Undang Sistem Pendidikan Nasional yang didalamnya menyebutkan bahwa peran seorang guru sangat penting dalam proses pembelajaran untuk dapat mencetak peserta didik yang berkualitas. Untuk itu dibutuhkan pendidik yang mempunyai kemampuan dalam mengelola pembelajaran peserta didik atau yang biasa disebut dengan kompetensi paedagogik. Karena kompetensi paedagogik memiliki pengaruh yang signifikan dalam menunjang keberhasilan pendidikan.
Permasalahan yang ada dalam skripsi ini adalah Bagaimana Tingkat Penguasaan Kompetensi Paedagogik Guru PNS di SD Negeri Kedungmalang Wonotunggal Batang dan Bagaimana Tingkat Penguasaan Kompetensi Paedagogik Guru Wiyata bhakti di SD Negeri Kedungmalang Wonotunggal Batang. Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui secara mendalam tentang Tingkat Penguasaan Kompetensi Paedagogik Guru PNS di SD Negeri Kedungmalang Wonotunggal Batang, dan juga untuk mengeksplor Tingkat Penguasaan Kompetensi Paedagogik Guru Wiyata Bhakti di SD Negeri Kedungmalang Wonotunggal Batang. Adapun kegunaan dalam penelitian ini adalah sebagai bahan kajian ilmu pengetahuan mengenai kompetensi paedagogik guru sehingga memberikan tambahan wawasan dalam pengembangan pendidikan. Dan sebagai bahan masukan untuk lebih mengoptimalkan pembinaan serta peningkatan kualitas kompetensi yang dimiliki oleh seorang guru.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research). Untuk mendapatkan data, penulis menggunakan metode observasi, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisa data penulis menggunkan analisis deskriptif.
Hasil penelitian dapat diketahui bahwa secara umum Tingkat Penguasaan Kompetensi Paedagogik guru PNS dan guru Wiyata Bhakti di SD Negeri Kedungmalang menunjukkan hasil yang cenderung sama. Yaitu belum sepenuhnya menguasai kelima indikator kompetensi paedagogik tersebut. Meskipun ada beberapa faktor yang mempengaruhi kompetensi paedagogik ini antara lain tingkat kualifikasi akademik, pengalaman mengajar dan tingkat kreatifitas yang dimiliki oleh masing-masing guru.
I2SKI20521.00 | PAI14.1205 RIZ t | My Library (lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain