SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Peran Orang Tua Asuh Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak ( Studi Kasus di Dukuh Sokorojo, Panjunan Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang)
Kata kunci : Orang Tua Asuh, Motivasi Belajar.
Peran orang tua Asuh memiliki peran yang sangat penting dalam membantu anak dalam memotivasi belajar dan memenuhi kebutuhannya sehari-hari. Selain diasuh oleh pengasuhnya, anak juga dapat mengikuti berbagai pembelajaran seperti di pesantren, mejelis taklim dan pendidikan luar sekolah untuk mendapatkan motivasi belajar dari yang lain. Di Dukuh Sokorojo Desa Panjunan Kecamatan Petarukan anak yang pekerjaan orang tuanya merantau hanya mendapatkan motivasi secara materiil yang dibutuhkan dalam belajar anak. Oleh karena itu orang tua asuh hendaknya mampu menjadi ayoman hidup bagi anak asuh selayaknya orang tuanya sendiri yaitu memberikan perhatian, memantau dan memotivasi belajar anak.
Berdasarkan uraian diatas, maka penulis mengemukakan rumusan masalah sebagai berikut: Bagaimana orang tua asuh di Dukuh Sokorojo, Panjunan Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang?, Bagaimana tingkat motivasi belajar anak di Dukuh Sokorojo, Panjunan Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang?, Bagaimana Peran orang tua asuh dalam meningkatkan motivasi belajar anak di Dukuh Sokorojo, Panjunan Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang. Tujuan dari penulisan skripsi adalah Untuk mengetahui orang tua asuh, mengetahui tingkat motivasi belajar anak, dan untuk mengetahui peran orang tua asuh dalam meningkatkan motivasi belajar anak di Dukuh Sokorojo, Panjunan Kec. Petarukan Kabupaten Pemalang. Kegunaan dari penulisan skripsi ini adalah Kegunaan Teoritis: dapat dijadikan sebagai wacana untuk memperkaya bacaan, pengetahuan, dan dapat mendorong pengembangan konsep-konsep yang berkaitan dengan publik, khususnya berkenaan dengan motivasi belajar anak perantau. Kegunaan Praktis: diharapkan dapat dijadikan pedoman khususnya para orang tua asuh untuk lebih memberikan dorongan belajar kepada anak asuhnya.
Pada penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Adapun metode pegumpulan data yang digunakan adalah metode interview, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data deskriptif kualitatif.
Hasil dari analisis penelitian ini adalah orang tua asuh di Dukuh Sokorojo Panjunan Kec. Petarukan menggunakan pola asuh demokratik yang ditandai orang tua asuh mampu meningkatkan motivasi belajar anak dengan memberikan perhatian dalam belajar, mengikutsertakan belajar kelompok dan mengajari anak belajar. Tingkat motivasi belajar anak di Dukuh Sokorojo Panjunan Kec. Petarukan sudah cukup baik, terlihat dari keseharian anak yang sudah membiasakan belajar setiap hari, mendapatkan ranking, bersosialisasi dengan teman lainnya dan menambah waktu belajarnya. Peran orang tua asuh dalm meningkatkan motivasi belajar anak dapat dilihat dalam usahanya mendidik anak asuh dengan memperhatikan dan membimbing belajarnya, membantu dalam belajar anak jika kesulitan, memberi hadiah dan pujian sebagai dorongan tambahan.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain