SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Upaya Guru PAI Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Tentang Pemahaman Surat-Surat Pendek Di SD Negeri 01 Bebel
Pendidikan Agama Islam (PAI) adalah suatu proses penyampaian kepada generasi muda untuk memindahkan pengetahuan dan nilai-nilai Islam beramal didunia dan memetiknya diakhirat. Sekolah sebagai lembaga pendidikan, berkewajiban memberikan kesempatan belajar seluas-luasnya kepada peserta didik (individu) untuk mengembangkan potensinya. Berdasarkan hal tersebut diatas, usaha yang harus ditempuh oleh pendidik atau seorang guru dalam rangka memotivasi atau memberi dorongan kepada peserta didik, diantaranya seorang guru harus memiliki upaya tersendiri dalam menjadi motivator bagi peserta didik. Rumusan masalah yang penulis ajukan dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya guru PAI dalam memotivasi belajar siswa tentang Pemahaman surat-surat pendek di SD Negeri 01 Bebel? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya guru PAI dalam memotivasi belajar siswa tentang Pemahaman surat-surat pendek di SD Negeri 01 Bebel. Sedangkan untuk mempermudah penelitian ini, metode penelitian yang penulis ajukan adalah bersifat kualitatif dengan pengelolaan datanya dilakukan secara rasional menggunakan pola berpikir induktif, jenis penelitian yang penulis gunakan dengan metode deskriptif yaitu dengan cara menggambarkan, memaparkan keadaan subjek dan objek penelitian berdasarkan fakta-fakta yang tampak sebagaimana adanya, sedangkan pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan interview. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa tentang surat-surat pendek di SD Negeri 01 Bebel sudah berjalan dengan baik hal tersebut dapat dilihat dari penerapan upaya-upaya dan dilihat dari kemauan siswanya dalam mengikuti pembelajaran dengan penerapan upaya guru PAI tersebut seperti : menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, menggunakan media pembelajaran yang menyenangkan, menciptakan suasana kelas yang nyaman, siswa disuruh membaca tentang materi pembelajaran, banyak memberikan tugas-tugas, masuk kelas tepat waktu, tidak terlalu menekan atau memaksa siswa, dan mempunyai pendekatan mengajar atau variasi mengajar. Upaya guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa tentang pemahaman surat-surat pendek sudah dapat berjalan sesuai apa yang diinginkan dan dapat juga digunakan sebagai bahan untuk memotivasi atau sebagai dorongan belajar siswa sehingga siswa tergerak untuk mengikuti pembelajaran tanpa adanya suatu paksaan atau tekanan dari sekolah atau dari guru, dengan demikian apa yang menjadi tujuan sekolah itu dapat tercapai sesuai yang diinginkan.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain