TA PERBANKAN SYARIAH
Peran Briefing Dalam Peningkatan Kualitas Kerja Front Liner Di Bank Syariah Mandiri Cabang Pekalongan
Segi pelayanan yang menjadi fokus utama operasional bank, menjadi kategori yang vital. Peran customer service dan teller atau kategori pekerjaan sebagai front-liner penting dalam menjalankan misi bank untuk menciptakan layanan berkualitas. Front-liner yaitu petugas yang berhadapan langsung dengan pelanggan untuk selalu menciptakan rasa nyaman untuk dirinya sendiri, kapasitas serta kualitas kerja kelak akan berbanding lurus dengan rasa nyaman tersebut. Menyampaikan keluhan, mencari solusi, pemberian informasi baru, serta tambahan motivasi akan menjadi hal penting dalam kesuksesan pekerjaan, terutama dalam hal pelayanan, yang dalam kalkulasinya tidak dapat terlihat dengan angka pasti.
Penelitian ini berusaha meneliti tentang peran pelaksanaan briefing dalam peningkatan kualitas layanan di Bank Syariah Mandiri Cabang Pekalongan. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data sekunder yang diperoleh dari hasil wawancara dengan pihak terkait. Penelitian ini, menggunakan metode analisis deskriptif yaitu suatu bentuk penelitian yang bertujuan untuk mengumpulkan data-data yang mempunyai hubungan dengan permasalahan yang diteliti dan membandingkannya dengan pengetahuan teori untuk merumuskan persoalan serta kemungkianan untuk mencari pemecahannya.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa briefing menjadi media tepat untuk melakukan komunikasi efektif. Mekanisme briefing di Bank Syariah Mandiri Pekalongan diawali dengan doa pembuka, cek kerapian, kegiatan inti yaitu pemberian materi briefing, dan yang terakhir doa penutup.Penerapan standar layanan di Bank Syariah Mandiri Cabang Pekalongan membantu secara teknis dalam membangun layanan prima kepada para nasabah. Jenis dan metode briefing yang bervariasi membuat briefing menjadi media fleksibel untuk secara cepat menyampaikan informasi, evaluasi kerja serta penyelesaian permasalahan atau penemuan solusi sementara.
Kata kunci: Briefing, front-liner, kualitas kerja.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain