Tugas Akhir
Analisis Penentuan Segmen Pasar Pada Produk Tabungan Di Kospin Jasa Syariah Cabang Pembantu Kedungwuni Kabupaten Pekalongan
Kata Kunci: Segmentasi Pasar, Produk Tabungan.
Kospin Jasa Syariah Capem Kedungwuni merupakan salah satu dari Lembaga Keuangan Syariah yang menawarkan produk berupa jasa. Kospin Jasa Syariah Capem Kedungwuni diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan anggota atau calon anggota. Dalan Tugas Akhir ini penulis meneliti 3 produk tabungan yang dimiliki Kospin Jasa Syariah Capem Kedungwuni yaitu Tabungan SIKESRA Mudharabah, Tabungan Investasi Pendidikan INTAN Mudharabah, Tabungan Koperasi Wadiah. Agar ketiga produk tersebut dapat terjual di pasaran maka pihak manajemen harus menyusun strategi pemasaran untuk menarik minat anggota atau calon anggota semaksimal mungkin sehingga dana yang terkumpul dapat optimal dan yang disalurkan kepada pihak ketiga juga semakin optimal. Namun sebelum melakukan kegiatan pemasaran Kospin Jasa Syariah Capem Kedungwuni harus memilah-milah pasar yang akan dituju, dan ini dikenal dengan segmentasi pasar yang akan memberikan kemudahan Kospin Jasa Syariah Capem Kedungwuni untuk menentukan pasar sasaran berdasarkan geografi, demografi, psikografi, dan berdasarkan perilaku. Dalam Tugas Akhir ini terdapat 2 rumusan masalah mengenai manajemen pemasaran di Kospin Jasa Syariah Capem Kedungwuni dan penentuan segmen pasar pada produk tabungan di Kospin Jasa Syariah Capem Kedungwuni.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari wawancara kepada pimpinan Kospin Jasa Syariah Capem Kedungwuni, sedangkan data sekunder diperoleh dari buku atau informasi yang berkaitan dengan isi Tugas Akhir. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan metode analisis deskriptif dimana peneliti mengorganisasikan, mengurutkan data dan memilah-milah data menjadi satuan yang dapat dikelola, kemudian melakukan analisis dengan tanpa menggunakan statistik dan selanjutnya menguraikan dan menafsirkan data tersebut tersebut secara deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen pemasaran di Kospin Jasa Syariah Capem Kedungwuni sudah bisa menjalankan fungsi manajemen pemasaran dan tujuan pemasaran sebagai faktor pendukung untuk dapat menarik minat anggota atau calon anggota serta mengoptimalkan perolehan laba. Dalam segmentasi pasar pada tiga produk yang diteliti oleh penulis adalah segmentasi pasar untuk Tabungan SIKESRA Mudharabah dilihat dari pendapatan yang penghasilannya di bawah rata-rata UMR Pekalongan karena tabungan ini untuk kalangan menengah ke bawah, Tabungan INTAN Mudharabah dilihat dari usia yaitu untuk tabungan investasi pendidikan di masa depan bagi anak, dan yang terakhir TAKOP Wadiah untuk semua kalangan masyarakat tidak terbatas usia, pendapatan, atau pendidikan.
00TA00010212.00 | TA14.102 SAR a | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain