SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Komparasi Prestasi Belajar Mahasiswa Dari Latar Belakang Pendidikan Berbasis Umum Dengan Mahasiswa Dari Latar Belakang Pendidikan Berbasis Agama Prodi PAI Jurusan Tarbiyah Angkatan 2011
Kata kunci: Prestasi Belajar Mahasiswa STAIN Pekalongan. Mahasiswa STAIN Pekalongan berasal dari latar belakang pendidikan yang berbeda-beda ada yang dari sekolah umum dan sekolah berbasis agama. Yang keduanya tentu saja memiliki kelemahan dan kelebihan masing-masing. Tentu dalam menerima maupun menyerap mata perkuliahan pada setiap kelas dalam Prodi S1 PAI ini berbeda antara keduanya. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: Bagaimanakah prestasi belajar mahasiswa dari latar belakang pendidikan berbasis umum, bagaimanakah prestasi belajar mahasiswa dari latar belakang pendidikan berbasis agama dan apakah ada perbedaan prestasi belajar mahasiswa dari latar belakang pendidikan umum dengan latar belakang pendidikan agama di STAIN Pekalongan prodi PAI jurusan tarbiyah angkatan 2011? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prestasi belajar mahasiswa baik dari latar belakang pendidikan berbasis umum maupun berbasis agama di STAIN Pekalongan prodi PAI jurusan tarbiyah angkatan 2011, dan untuk mengetahui komparasi prestasi belajar antar keduanya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan datanya mengunakan metode observasi, dan dokumentasi. Populasinya berjumlah 372 mahasiswa, dengan sampel 23 mahasiswa dari latar belakang pendidikan umum dan 33 mahasiswa dari latar belakang pendidikan agama. Setelah data terkumpul, penulis selanjutnya menelaah dan menganalisisnya dengan menggunakan teknik analisis komparasional tes , untuk sampel yang independen. Hasil penelitian menunjukan bahwa prestasi belajar mahasiswa dari latar belakang pendidikan berbasis umum maupun agama di STAIN Pekalongan Prodi PAI jurusan tarbiyah angkatan 2011 dalam kategori baik. Setelah dilalukan penelitian dengan menggunakan analisis komparasi test mendapatkan hasil to sebesar – 0,128, sedangkan nilai tt pada taraf signifikan 5% adalah 2,000 dan pada taraf signifikan 1% adalah 2,660. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa prestasi belajar antara mahasiswa dari latar belakang pendidikan berbasis umum dengan mahasiswa dari latar belakang pendidikan berbasis agama di STAIN pekalongan prodi PAI jurusan tarbiyah angkatan 2011 tidak terdapat perbedaan yang signifikan (sama saja). Maka hipotesis yang penulis ajukan di tolak, yaitu: Ho diterima dan Ha di tolak.
I1SKI16021.00 | PAI14.1160 NUR k | My Library (lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain