SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Penerapan Metode Demonstrasi Dalam Pembelajaran Baca Tulis Al-Quran Siswa Kelas III Di MIS Silirejo Tirto Pekalongan
Kata Kunci: Penerapan Metode Demonstrasi
Karakter pembelajaran Baca Tulis Al-Quran yang lebih menekankan pada praktik, tentunya memerlukan strategi yang tepat dalam penyampaian pembelajaran Baca Tulis Al-Quran, salah satunya penggunaan metode pembelajaran yang tepat dalam pembelajarannya. Adapun metode yang dianggap sesuai dengan karakteristik pembelajaran Baca Tulis Al-Quran adalah metode demonstrasi. Metode ini selain memiliki kelebihan dapat memberikan pengalaman praktik bagi siswa, juga dapat menarik perhatian siswa sehingga dapat meminimalisir pengambilan kesimpulan oleh siswa terhadap pembelajaran Baca Tulis Al-Quran yang kurang tepat.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pembelajaran Baca Tulis Al-Quran siswa kelas III di MIS Silirejo Tirto Pekalongan? bagaimana penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran Baca Tulis Al-Quran siswa kelas III di MIS Silirejo Tirto Pekalongan? faktor apa saja yang menghambat dan mendukung penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran Baca Tulis Al-Quran siswa kelas III di MIS Silirejo Tirto Pekalongan?. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pembelajaran Baca Tulis Al-Quran, penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran Baca Tulis Al-Quran dan untuk mengetahui faktor yang menghambat dan mendukung penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran Baca Tulis Al-Quran siswa kelas III di MIS Silirejo Tirto Pekalongan.
Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, interview dan dokumentasi. Peneliti menggunakan analisis data dengan metode kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Pembelajaran BTQ di MIS Silirejo Tirto Pekalongan diberikan pada peserta didik selama 2 jam pelajaran dalam satu minggunya. Pembelajaran BTQ bagi siswa kelas III di MIS Silirejo Tirto Pekalongan telah sesuai dengan panduan pembelajaran BTQ yang ditetapkan oleh Departemen Agama RI dan tidak mengalami kendala yang berarti. Kedua, Penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran Baca Tulis Al-Quran siswa kelas III di MIS Silirejo Tirto Pekalongan adalah selama 1 kali pembelajaran, namun tidak menutup kemungkinan guru BTQ juga menggunakan metode demonstrasi tersebut pada pembelajaran lain waktu, tergantung kebutuhan dan tingkat pemahaman siswa. Ketiga, Faktor yang mendukung penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran Baca Tulis Al-Quran siswa kelas III di MIS Silirejo Tirto Pekalongan, antara lain: adanya pembelajaran Quran Hadits di madrasah, banyak siswa yang mengikuti TPQ sepulang sekolah, adanya motivasi dalam diri siswa untuk belajar membaca Al-Quran, adanya guru yang profesional. Sedangkan faktor yang menghambat antara lain: terlalu banyak bermain, adanya rasa malas, dan membutuhkan waktu yang cukup lama
I1SKI17021.00 | PAI14.1170 FAT p | My Library (lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain