SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Pelaksanaan Tes Sumatif Semester Gasal Tahun Ajaran 2012/2013 Kelas XII Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Di MAN 3 Pekalongan
Kata kunci : tes sumatif, Akidah Akhlak, MAN 3 Pekalongan . Keberhasilan proses belajar tidak dapat dipantau tanpa evaluasi. Namun evaluasi yang baik akan mungkin jika alat evaluasinyapun baik. Berdasarkan pengalaman peneliti ketika mengikuti mata kuliah Pengembangan Sistem Evaluasi PAI, yaitu peneliti menemukan banyak butir-butir soal tes sumatif yang dibuat oleh guru Pendidikan Agama Islam di tingkat sekolah menengah atas yang kurang memperhatikan jenjang tipe hasil belajar kognitif. Kebanyakan dari butir-butir soal tes tersebut hanya mampu mengukur aspek kognitif tingkat rendah yaitu berupa hafalan saja. Selain itu, butir-butir soal yang disusun oleh guru terkadang tidak memperhatikan kaidah penulisan soal, baik dari segi materi, konstruksi maupun bahasa. Hal ini akan mengurangi kualitas dari alat evaluasi yang dibuat sehingga tidak bisa meningkatkan kemampuan siswa dalam aspek kognitif, aspek afektif maupun aspek psikomotor. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, maka dapat dirumuskan permasalahan yaitu Bagaimana Pelaksanaan Tes Sumatif Semester Gasal Tahun Ajaran 2012/2013 Kelas XII Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MAN 3 Pekalongan? Adapun tujuan penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan pelaksanaan tes sumatif semester gasal mata pelajaran Akidah Akhlak di MAN 3 Pekalongan ditinjau dari a) Implementasi penyusunan butir-butir soal Akidah Akhlak yang di ujikan MAN 3 Pekalongan pada tes sumatif semester gasal di kelas XII, b) Implementasi kaidah penulisan soal yang meliputi ranah materi, konstruksi, bahasa, dan jenjang kemampuan kognitif dalam butir-butir soal Akidah Akhlak yang di ujikan MAN 3 Pekalongan pada tes sumatif semester gasal di kelas XII. Sedangkan kegunaan penelitian ini diharapkan dapat memberikan khazanah keilmuan dalam dunia pendidikan khususnya tentang evaluasi pendidikan Agama Islam di sekolah, menjadi bahan pertimbangan bagi sekolah untuk melakukan kebijakan tentang peningkatan kualitas pembelajaran beserta penilaiannya. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yang menekankan analisisnya dengan kata-kata verbal dengan mengidentifikasi soal-soal secara komprehensif baik dari segi materi/isi, susunan maupun bahasa sehingga didapat informasi yang akurat dan lebih mendalam. Sedangkan jenis penelitiannya merupakan penelitian lapangan ( field research) yakni dengan mensurvei langsung keadaan di lapangan.
Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan teknik analisis data deskriptif yang dipaparkan dengan metode induktif yaitu metode analisis data dengan cara berpikir dari pengamatan-pengamatan yang bersifat umum ditarik dalam kesimpulan yang bersifat khusus. Adapun hasil penelitiannya adalah a) Implementasi penyusunan butir-butir soal tes sumatif mata pelajaran Akidah Akhlak semester gasal tahun pelajaran 2012/2013 kelas XII di MAN 3 Pekalongan sudah terkoordinasi dengan baik melalui Badan Koordinator Kelompok Kepala Madrasah Aliyah se-Eks Karesidenan Pekalongan.b) Implementasi kaidah penulisan soal dalam butir-butir soal tes sumatif Akidah Akhlak semester gasal tahun pelajaran 2012/2013 kelas XII di MAN 3 Pekalongan adalah baik / valid dari ranah materi, dari ranah kontruksi kurang baik, ranah bahasa kurang baik khususnya untuk soal pilihan ganda. Sedangkan untuk soal uraian dilihat dari ranah materi, ranah konstruksi maupun dari ranah bahasa adalah baik / valid. Pada jenjang kemampuan kognitif, pada soal pilihan ganda terdapat tipe hafalan, tipe pemahaman dan penerapan, sedangkan tipe analisis tidak ada. Pada soal uraian terdapat tipe hafalan, pemahaman dan analisis.
I0SKI08021.00 | PAI13.1020 MAR p | My Library (lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain