SKRIPSI PAI
Strategi Belajar Menghafal Alfiyah Siswa Takhasus MAS Simbang Kulon
Kata Kunci : Strategi belajar Menghafal Alfiyah, Menghafal Alfiyah.
Banyak problema yang dihadapi oleh santri yang belajar Alfiyah. Mulai dari pengembangan minat, penciptaan lingkungan, pembagian waktu sampai kepada metode menghafal Alfiyah itu sendiri. Pemilihan ketepatan strategi menghafal Alfiyah dari para santri dapat membantu menentukan kualitas hafalan. strategi dari para santri Takhasus MAS Simbang Kulon Buaran Pekalongan dapat menjadi acuan bagi para santri lainnya karena Takhasus ini sudah banyak menghasilkan lulusan dan Tenaga pengajarnya terkenal mempunyai hafalan dan pemahaman Alfiyah yang bagus.
Dari latar belakang tersebut diangkat masalah sebagai berikut: bagaimana strategi belajar menghafal Alfiyah siswa Takhasus MAS Simbang Kulon, Apa faktor Pendukung dan hambatan yang dihadapi para santri dalam belajar menghafal Alfiyah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan strategi belajar menghafal siswa Takhasus, untuk mendeskripsikan faktor penghambat dan pendukung menghafal Alfiyah siswa takhasus MAS Simbang Kulon. Adapun beberapa kegunaan yang hendak penulis capai dalam skripsi ini yaitu menambah pengetahuan mengenai strategi dalam menghafal Alfiyah, memperkaya khasanah keilmuan Islam dalam bidang pendidikan, menumbuhkan minat kaum muslimin untuk mempelajari dan menghafal Alfiyah, menjadi rujukan bagi orang yang sedang menghafal Alfiyah dan memberikan motivasi kepada santri agar lebih bersemangat dalam menghafal Alfiyah.
Dalam penelitian ini, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Penelitian ini menggunakan analisis induktif yaitu menguraikan data-data yang diperoleh dari lapangan melalui metode observasi yang kemudian dijadikan sebagai catatan lapangan, metode wawancara dijadikan sebagai transkip wawancara dan dokumentasi sebagai pendukung data. Data-data tersebut kemudian disimpulkan menjadi strategi belajar menghafal Alfiyah siswa Takhasus MAS Simbang Kulon.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi belajar menghafal Alfiyah siswa Takhasus MAS Simbang Kulon adalah santri mempunyai keiginan yang kuat dan niat yang tulus dalam menghafal. santri mempunyai manajemen waktu yang baik untuk menunjang proses menghafal yaitu dengan melakukan hafalan setelah sholat tahajud, setelah sholat subuh, setelah sholat maghrib dan memanfaatkan waktu luang untuk selalu menambah murojaah setiap hari dan terus bertekad memiliki keyakinan untuk menghafal Alfiyah setiap hari. Metode menghafalnya yaitu metode (thariqah) wahdah, menghafal satu persatu halaman dan membaca satu bait berulang kali sampai hafalan benar-benar melekat, metode (thariqah) kitabah yaitu menulis, takrir sendiri setiap hari atau bersama sesama santri maupun takrir dengan guru. Hambatan dalam menghafal Alfiyah bagi santri adalah fokus belajar santri dituntut untuk menguasai seluruh mata pelajaran sehingga beban yang harus dipelajari banyak, santri yang malas dalam menghafal sehingga ketika hafalan tidak lancar, banyak dosa atau maksiat, tidak senantiasa mengikuti, mengulang-ulang dan memperdengarkan hafalan Alfiyahnya, menghafal banyak bait pada waktu yang singkat dan pindah ke selainnya sebelum menguasai dengan baik, semangat yang tinggi untuk menghafal dipermulaan membuatnya menghafal banyak ayat tanpa menguasainya dengan baik, ia pun malas menghafal dan meninggalkannya. Adapun faktor pendukung dalam belajar menghafal alfiyah yaitu Motivasi, niat dan kesungguhan hati, Memanfaatkan waktu luang untuk murojaah, adanya sistem setoran hafalan dan lalaran/ murojaah bersama-sama, Diajarkannya kitab kuning sehingga bisa praktek menerapkan langsung pada pembacaan kitab kuning.
I0SKI08321.00 | PAI13.1083 PUR s | My Library (lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain