SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Korelasi Antara Persepsi Siswa terhadap Kompetensi Guru Sertifikasi Dengan Prestasi Belajar Siswa Di SMP Negeri I Kedungwuni
Kata Kunci: Kompetensi Guru Sertifikasi, Prestasi Belajar
Pendidikan yang bermutu bisa menjadikan Sumber Daya Manusia yang bermutu pula. Dalam pendidikan formal, peran guru sangatlah penting. Setiap pendidik harus dapat memenuhi kompetensi yang diharapkan oleh masyarakat dan peserta didik. Adapun seorang guru yang sudah sertifikasi adalah seorang guru yang dianggap sudah profesional dan kompeten dibidangnya. Sehingga diharapkan, dengan kompetensi yang dimiliki guru sertifikasi dapat berdampak pada berkembangnya potensi siswa yang dibarengi dengan meningkatnya prestasi belajar siswa secara berkelanjutan. Karena dalam proses belajar mengajar peran guru sangatlah penting dan sangat menentukan baik buruknya proses pembelajaran.Namun yang permasalahan yang muncul adalah banyaknya para pendidik yang sudah memperoleh sertifikat mengajar, tapi kompetensi maupun kinerjanya tidak membaik, malah sebaliknya merosot.
Permasalahan dalam skripsi ini adalah mengenai bagaimana persepsi siswa terhadap kompetensi guru sertifikasi di SMP Negeri 1 Kedungwuni, bagaimana prestasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Kedungwuni, dan bagaimana korelasi antara persepsi siswa terhadap kompetensi guru sertifikasi dengan prestasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Kedungwuni. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan bagaimana persepsi siswa terhadap kompetensi guru sertifikasi di SMP Negeri 1 Kedungwuni, untuk mengetahui dan menjelaskan bagaimana prestasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Kedungwuni, dan untuk mengetahui dan menjelaskan bagaimana korelasi antara persepsi siswa terhadap kompetensi guru sertifikasi dengan prestasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Kedungwuni. Sedangkan kegunaan dalam penelitian ini adalah secara teoritis, penelitian ini diharapkan dapat memperkaya khasanah kepustakaan pendidikan dan hasil penelitiannya diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran dalam pengembangan ilmu pendidikan pada umumnya dan khusunya mengenai kompetensi guru sertifikasi dengan prestasi belajar, secara praktis bagi penulis penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai motivasi dalam pencapaian cita-cita menjadi guru profesional yang kompeten dalam bidangnya, bagi sekolah penelitian ini dihapkan dapat dijadikan sebagai tolak ukur dalam peningkatan mutu pendidikan di sekolah tersebut, dan bagi pembaca penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran dan wawasan yang luas bagi masyarakat mengenai kompetensi guru sertifikasi dengan prestasi belajar siswa.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitiannya penelitian lapangan, dimana persepsi siswa terhadap kompetensi guru sertifikasi menjadi variabel bebas dengan indikator berupa kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, kompetensi sosial, sedangkan prestasi belajar siswa menjadi variabel terikat dengan indikatornya berupa nilai raport siswa kelas IX. Adapun yang menjadi populasi adalah seluruh siswa yang berjumlah 241 siswa, sedangkan sampel yang diambil adalah perwakilan siswa kelas IX yaitu kelas B,C,D, dengan teknik random sampling, metode pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi metode angket, dokumentasi, interview, observasi. Teknik analisisnya menggunakan rumusan Product Moment. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat korelasi positif yang signifikan antara persepsi siswa
terhadap kompetensi guru sertifikasi dengan prestasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Kedungwuni.
Berdasarkan hasil analisis data tentang persepsi siswa terhadap kompetensi guru sertifikasi di SMP Negeri 1 Kedungwuni termasuk dalam kategori baik dengan rata-rata 98 yang berada pada interval 98 – 104, mengenai hasil analisis data tentang prestasi belajar di SMP Negeri 1 Kedungwuni termasuk dalam kategori baik dengan rata-rata 76 yang berada pada interval 76 – 79. Dari hasil perhitungan dengan tekhnik korelasi product moment dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi positif yang signifikan antara persepsi siswa terhadap kompetensi guru sertifikasi dengan prestasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Kedungwuni, berarti Hα diterima dimana rxy > rtab (0,79 > 0,254) pada taraf signifikan 5%, dan pada taraf 1% rxy > rtab (0,79 > 0,330) dan ketika analisis lanjutnya menggunakan interpretasi nilai rxy hasilnyapun akan sama dimana kedua variabelnya mempunyai korelasi yang kuat dengan besar kisarannya antara 0,70 – 0,90.
I0SKI08421.00 | PAI13.1084 KHA k | My Library (lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain