SKRIPSI PBA
Implementasi Pembelajaran Muhadasah Dalam Meningkatkan Maharatul Kalam Di Pondok Pesantren Modern Gondang Wonopringgo Pekalongan
Pondok pesantren modern gondang wonopringgo pekalongan menggunakan pembelajaran muhadasah dalam rangka meningkatkan maharatul kalam santri dan menciptakan santri yang unggul dalam kebahasaan. Metode Muhadasah yaitu cara menyajikan bahan pelajaran bahasa Arab melalui percakapan, dalam percakapan itu dapat terjadi antara guru dengan murid atau antara murid dengan murid, sehingga dapat memperkaya perbendaharaan kata-kata (Vocabulary). Pondok Pesantren tersebut menyajikan pembelajaran muhadasah dengan mencampurkan santri kelas VII sampai dengan kelas IX di aula. Namun disisi lain, pembelajaran maharatul kalam yang termasuk di dalamnya yaitu pembelajaran muhadasah seharusnya dilakukan dengan bertahap. Misalnya, tingkat pertama bagi pemula, tingkat kedua bagi peserta didik lanjut, dan ketiga bagi peserta didik tingkat atas. Hal ini dikarenakan kemampuan dari peserta didik itu masing-masing berbeda. Oleh karena itu, penulis sangat tertarik untuk mengadakan penelitian tentang Implementasi Pembelajaran Muhadasah dalam Meningkatkan maharatul kalam di Pondok Pesantren Modern Gondang Wonopringgo Pekalongan.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut: (1). Bagaimana implementasi pembelajaran muhadasah dalam meningkatkan mahāratul kalam di Pondok Pesantren Modern Gondang Wonopringgo Pekalongan? (2). Apa faktor penghambat dan pendukung dalam pembelajaran muhadasah di Pondok Pesantren Modern Gondang Wonopringgo Pekalongan?. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Muhadasah dalam meningkatkan maharatul kalam di Pondok Pesantren Modern Gondang Wonopringgo, (2) Untuk mengetahui apa faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran Muhadasah di Pondok Pesantren modern gondang wonopringgo pekalongan. Penelitian ini secara teoritis diharapkan dapat menambah pengetahuan bagi penulis terutama dalam ilmu pendidikan dan pengajaran bahasa arab. Secara praktis, penelitian ini diharapkan dapat memberikan kejelasan kegunaan yang mendasari argumentasi pentingnya penelitian ini dilakukan. Bagi peserta didik/ santri putri diharapkan dapat menumbuhkan keaktifan dalam keterampilan berbicara bahasa arab, bagi guru pembina agar meningkatkan kinerja dan profesionalisme dalam kegiatan pembelajaran muhadasah, Bagi lembaga yayasan/ Pondok Pesantren, diharapkan agar lebih memperhatikan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di pondok pesantren.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research). Sedangkan pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif.
Adapun metode pengumpul data yang digunakan adalah : metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam analisis data menggunakan analisis kualitatif dengan model analisis deskriptif dan menggunakan pola berfikir induktif (dimulai dari fakta-fakta yang khusus, peristiwa-peristiwa yang konkrit kemudian ditarik kesimpulan yang bersifat umum).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran muhadasah sudah dapat dikatakan berjalan dengan semestinya. Meskipun terdapat hal-hal yang kurang tepat dalam pembagian jadwal pelajaran, namun sebagian besar pelajaran yang lain sudah tepat dalam penerapan pembelajaran muhadasah. Seperti : durusul lughah al-arabiyyah, pemberian kosa kata isim dan fiil, evaluasi dengan hiwar terpimpin serta evaluasi dengan hiwar bebas. Adapun kendala di atas dapat dibenahi dan dicari solusinya. seperti adanya pelajaran shorof dapat diganti pada pembelajaran diniyah, bukan pada pembelajaran muhadasah. Kemudian, kurangnya waktu pembelajaran dan latar belakang pendidikan santri. Hal tersebut dapat diatasi dengan memberikan tambahan waktu pembelajaran, tidak mencampurkan santri ke dalam satu ruangan dan dapat dipisah antara tingkat pemula, tingkat lanjut dan tingkat atas.
00SK000922.00 | SK PBA14.009 SAR i | My Library (Lantai 3, Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain