SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Implementasi Pendidikan Karakter Pada Mapel SKI Kelas VIII Semester Genap Tahun Ajaran 2012-2013 Di MTs Terpadu Plus Gondang Wonopringgo Pekalongan
Pemerintah dan rakyat indonesia, dewasa ini tengah gencar-gencarnya mengimplementasikan pendidikan karakter di institusi pendidikan, mulai dari tingkat dini (PAUD), sekolah dasar (SD atau MI), sekolah menengah pertama (SMP atau MTs), sekolah menengah atas (SMA atau MA), hingga perguruan tinggi. Melalui pendidikan karakter yang diimplementasikan dalam institusi pendidikan, diharapkan krisis degradasi karakter atau moralitas anak bangsa ini bisa segera teratasi. Sebagian bahkan menilai pendidikan kita terkesan mekanistik, full hafalan, dan mematikan kreativitas siswa. MTs Terpadu Plus Gondang Wonopringgo Pekalongan merupakan salah satu sekolah yang menerapkan pendidikan karakter. Implementasi pendidikan karakter di MTs Terpadu Plus Gondang Wonopringgo Pekalongan dilaksanakan dengan cara mengintegrasikan pendidikan karakter ke setiap mata pelajaran dan setiap guru di MTs Terpadu Plus mempunyai strategi yang berbeda-beda untuk menanamkan pendidikan karakter kepada siswanya pada setiap mata pelajaran yang diampunya. Permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan karakter apa saja yang ditanamkan pada mapel SKI kelas VIII semester genap tahun ajaran 2012-2013 di MTs Terpadu Plus Gondang Wonopringgo Pekalongan dan bagaimana metode yang digunakan dalam menanamkan pendidikan karakter pada mapel SKI kelas VIII semester genap tahun ajaran 2012-2013 di MTs Terpadu Plus Gondang Wonopringgo Pekalongan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi nilai-nilai pendidikan karakter apa saja yang hendak dibangun pada mapel SKI kelas VIII semester genap tahun ajaran 2012-2013 di MTs Terpadu Plus Gondang Wonopringgo Pekalongan, untuk mendeskripsikan metode yang digunakan dalam menanamkan pendidikan karakter pada mapel SKI kelas VIII semester genap tahun ajaran 2012-2013 di MTs Terpadu Plus Gondang Wonopringgo Pekalongan. Kegunaan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter pada mapel SKI kelas VIII semester genap tahun ajaran 2012-2103 di MTs Terpadu Plus Gondang Wonopringgo Pekalongan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipasi, dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan teknik analisis data model Miles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter pada mapel SKI kelas VIII semester genap tahun ajaran 2012-2013 di MTs Terpadu Plus Gondang Wonopringgo Pekalongan adalah sebagai berikut: nilai-nilai pendidikan karakter yang ditanamkan pada mapel SKI kelas VIII semester genap tahun ajaran 2012-2013 di MTs Terpadu Plus Gondang Wonopringgo Pekalongan yaitu nilai religius, disiplin, peduli, rasa ingin tahu, kerja keras, mandiri, percaya diri, santun, cinta ilmu dan peduli, toleransi atau saling menghargai, kerjasama, tanggung jawab dan jujur. Sedangkan metode pendidikan karakter yang digunakan pada mapel SKI kelas VIII semester genap tahun ajaran 2012-2013 di MTs Terpadu Plus Gondang Wonopringgo Pekalongan sudah , alasannya karena dari kelima metode tersebut tujuannya sama yaitu ingin membentuk karakter siswa. Dengan metode pembiasaan diharapkan siswa terbiasa melakukan kebiasaan yang positif. Dengan metode ceramah guru dapat menyampaikan nilai-nilai pendidikan karakter kepada siswa dan dapat membentuk karakter bersahabat atau komnikatif, walaupun metode ceramah dapat menjadikan bosan dan ngantuk. Dengan metode tanya jawab diharapkan dapat membentuk karakter bersahabat atau komunikatif. Dengan metode penugasan diharapkan dapat membentuk karakter tanggung jawab. Dengan metode keteladanan diharapkan dapat meniru perilaku guru yang positif.
I0SKI00121.00 | PAI13.1001 AIN i | My Library (lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain