SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Pendidikan Anak Menurut Al-Ghazali Dalam Kitab Ayyuha Al-Walad (Kajian Tujuan, Materi Dan Metode)
Pendidikan pada hakikatnya merupakan kasih sayang Allah yang
diturunkan kepada segenap makhluk terutama manusia. Pendidikan bagi
kehidupan manusia merupakan kebutuhan mutlak yang harus dipenuhi sepanjang
hayat. Tanpa pendidikan sama sekali mustahil suatu kelompok manusia dapat
hidup berkembang sejalan dengan aspirasi (cita-cita) untuk maju, sejahtera dan
bahagia menurut konsep pandangan hidup mereka. Pendidikan yang benar adalah
yang memberikan kesempatan kepada keterbukaan terhadap pengaruh dari dunia
luar dan perkembangan dari dalam diri anak didik. Dengan demikian barulah
fitrah itu diberi hak untuk membentuk pribadi anak dan dalam waktu bersamaan
faktor dari luar akan mendidik dan mengarahkan kemampuan dasar (fitrah) anak.
Dengan demikian pendidikan anak adalah usaha sadar yang dilakukan oleh orang
dewasa kepada anak-anak melalui proses bimbingan dan penanaman untuk
merubah sikap dan tata prilaku yang meliputi jasmani dan rohani.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pendidikan anak
menurut Al-Ghazali dalam kitab Ayyuha al Walad dari segi tujuan, materi dan
metode?
Sedangkan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
kepustakaan atau library research dengan pendekatan kualitatif, dengan cara
membaca, menelaah dan memahami sumber data. Sedangkan metode yang
digunakan adalah conten analisis yaitu dengan menganalisa dan memahami isi
buku atau kitab untuk mengentahui.
Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah bahwa pendidikan anak
menurut Al-Ghazali dalam kitab Ayyuha al Walad ditinjau dari tujuan pendidikan
anak mengembangkan akhlak anak melalui potensi (fitrah) jasmani maupun
rohani anak sebagai sumber kebahagian didunia, dan taqqarub kepada Allah
sabagai sumber diakhirat. Materi pendidikan anak memfokuskan kepada materi
akhlak, akhlak baik yang sudah terbentuk harus dijaga dan dipraktekkan, materi
ibadah adalah bentuk pengabdian seorang hamba kepada Tuhannya yang memilki
pengaruh yang menakjubkan, materi keimanan yang benar memimpin manusia
kearah yang baik dan sampai kepada akhlak mulia. Dan metode yang diterapkan
dalam pendidikan anak seharusnya menerapkan metode yang mudah difahami
menyenangkan, seperti metode cerita, mencontohkan dan memberikan keteladan
kepada anak, dan pengalaman yang dilalui oleh anak dengan metode-metode ini
bisa memberi penjelasan dan pengertian yang sesuai dengan taraf pikirannya.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain