SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Teknik Penilaian Psikomotor Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 1 Randudongkal Pemalang
Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam merupakan mata pelajaran yang sangat penting karena tidak hanya membentuk akhlak, ketaqwaan, akan tetapi juga membentuk ranah psikomotor peserta didik. Sehingga dewasa ini penilaian psikomotor semakin digencarkan oleh para pendidik mengingat semakin tidak terkendalinya perilaku-perilaku peserta didik yang tidak sesuai dengan nilai-nilai dalam Pendidikan Agama Islam, dan disinilah peran pendidik dimana harus memberi porsi yang lebih pada aspek psikomotor. Sehingga dalam melakukan penilaian psikomotor, pendidik harus mempunyai teknik yang matang dan disertai dengan penekanan motivasi, supaya apa yang diajarkan dapat dipahami dan diaplikasikan peserta didik dalam kehidupan sehari-hari. Berkaitan dengan hal diatas, perlu adanya teknik yang bagus dalam penilaian psikomotor pada mata pelajaran pendidikan agama islam, sehingga dapat memberikan motivasi kepada peserta didik supaya dapat mengaplikasikan nilai-nilai pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu, dalam skripsi ini, penulis mengajukan dua rumusan masalah yaitu : Bagaimana teknik penilaian psikomotor dalam mata pelajaran pendidikan agama islam di SMP Negeri 1 Randudongkal Pemalang? dan Apa kendala-kendala yang dihadapi oleh guru dalam penerapan teknik penilaian psikomotor dalam mata pelajaran pendidikan agama islam di SMP Negeri 1 Randudongkal Pemalang. Untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapai oleh guru dalam penerapan teknik penilaian psikomotor dalam mata pelajaran pendidikan agama islam di SMP Negeri 1 Randudongkal Pemalang. Sedangkan kegunaan penelitian ini secara teoritis, dapat memberi pengetahuan dan wawasan yang baru tentang penilaian psikomotor. Untuk kegunaan praktisnya adalah memberikan kontribusi bagi guru dalam pelaksanaan penilaian psikomotor dalam mata pelajaran pendidikan agama islam di SMP Negeri 1 Randudongkal Pemalang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian field research. Subjek dan sumber data penelitian ini adalah guru mata pelajaran PAI SMP Negeri 1 Randudongkal Pemalang. Sedangkan teknik pengumpulan data dengan wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan teknik berfikir induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik penilaian psikomotor dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Randudongkal Pemalang meliputi : Pertama, menentukan cara penilaian psikomotor dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam, ada tiga cara penilaian psikomotor yang digunakan yaitu penilaian dilakukan pada saat pembelajaran berlangsung, penilaian dilaksanakan setelah pembelajaran atau setelah guru menyampaikan materi, serta penilaian dilaksanakan dilain waktu setelah pembelajaran selesai, dengan pembiasaan. Kemudian yang Kedua, menentukan bentuk tes penilaian psikomotor, bentuk tes yang digunakan diantaranya tes simulasi, tes identifikasi, dan tes petik kerja (work sample). Yang Ketiga, menentukan instrumen dan penskoran, instrumen yang digunakan yaitu lembar penilaian atau pengamatan, selain itu juga menggunakan lembar tugas dan perintah kerja, kemudian untuk penskoran dimulai dari pembuatan soal atau menentukan kriteria penilaian sesuai dengan kompetensi dasar yang akan dicapai dan menentukan skor yang berbeda dari setiap soalnya. Kemudian kendala-kendala dalam penerapan teknik penilaian psikomotor yang dihadapi oleh para guru PAI SMP Negeri 1 Randudongkal Pemalang yaitu pada SDM atau peserta didik dikarenakan pengetahuan awal mereka dari latar belakang yang berbeda, kemudian di lingkungan keluarga yakni kurangnya motivasi belajar dari orang tua, dan kurangnya jam pelajaran pendidikan agama Islam yang telah ditentukan. Kesimpulannya, SMP Negeri 1 Randudongkal Pemalang dalam menyusun teknik penilaian psikomotor sudah bagus dan sistematis.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain