SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Analisis Pelaksanaan Pendidikan Akhlak Di Pondok Pesantren Majlis Ilmu Al-Quran Dan Kitab (MINK) Padek Ulujami Pemalang
MINK) Padek Ulujami Pemalang
Pendidikan akhlak di pondok pesantren Majlis Ilmu Al-Quran dan Kitab
(MINK) Padek Ulujami Pemalang tampak menonjol pada perjalananya
sejarahnya. Aspek pembangunan mental spiritual dan pendidikan akhlak,
misalnya menjadi bidang garapan yang diprioritaskan oleh pengasuh dan ustad.
Oleh karena itu, pondok pesantren Majlis Ilmu Al-Quran dan Kitab (MINK)
Padek Ulujami Pemalang lebih menekankan kepada pendidikan akhlak kepada
santrinya.
Berdasarkan latar belakang di atas yang menjadi rumusan masalah yaitu :
Apa saja metode yang digunakan dalam pendidikan akhlak di pondok pesantren
Majlis Ilmu dan Kitab (MINK) Padek Ulujami Pemalang. Apa saja materi yang
diajarkan dalam pendidikan akhlak di pondok pesantren Majlis Ilmu Al-Quran
dan Kitab (MINK) Padek Ulujami Pemalang. Apa faktor-faktor yang mendukung
dan menghambat pelaksanaan pendidikan akhlak di pondok pesantren Majlis Ilmu
Al-Quran dan Kitab (MINK) Padek Ulujami Pemalang. Tujuan dari skripsi ini
adalah untuk mengetahui metode yang digunakan dalam pendidikan akhlak di
pondok pesantren Majlis Ilmu Al-Quran dan Kitab (MINK) Padek Ulujami
Pemalang . Untuk mengetahui materi yang diajarkan dalam pendidikan akhlak di
pondok pesantren Majlis Ilmu Al-Quran dan Kitab (MINK) Padek Ulujami
Pemalang. Untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat
pelaksanaan pendidikan akhlak di pondok pesantren Majlis Ilmu Al-Quran dan
Kitab (MINK). Adapun kegunaan skripsi ini yaitu untuk menambah dan
memperkaya khasanah ilmu dalam dunia pendidikan, khususnya mengenai
analisis pelaksanaan pendidikan akhlak di pondok pesantren.
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) dengan
pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, yang mana dalam
penelitian akan dilihat bagaimana analisis pendidikan akhlak terhadap tingkah
laku, perbuatan, para santri di pondok pesantren Majlis Ilmu Al-Quran dan Kitab
(MINK) Padek Ulujami Pemalang. Dalam pengumpulan data penulis
menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi. Sedangkan dalam
menganalisis data penulis menggunakan analisis data deskriptif.
Dari hasil penelitian analisis pelaksanaan pendidikan akhlak di pondok
pesantren Majlis Ilmu Al-Quran dan Kitab (MINK) Padek Ulujami Pemalang
dilihat dari segi materi, metode, dan faktor pendukung dan penghambat dapat
berjalan dengan lancar dan baik. Dimana pendidikan akhlak mempunyai peranan
dalam pembentukan budi pekerti santri di pondok pesantren Majlis Ilmu Al-
Quran dan Kitab (MINK) Padek Ulujami Pemalang serta bermanfaat bagi
kehidupan para santri baik semasa di pondok pesantren maupun kelak nanti sudah
keluar dari pondok pesantren.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain