SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Efektifitas Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Think-Pair-Share Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akhlak Peserta Didik Kelas X-3 SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan Di Pekalongan
Guru merupakan kunci utama dalam peningkatan mutu pendidikan dan berada pada posisi sentral dari setiap perubahan di bidang pendidikan. Di dalam kelas guru mempunyai tanggungjawab di dalam mengatur dan menciptakan suasana yang mendorong proses pembelajaran yang berkualitas. Salah satu upaya yang dapat ditempuh adalah dengan mengadakan pembenahan dan perubahan pendekatan dalam proses pembelajaran. SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan di Pekalongan pada dasarnya telah memberikan kesempatan kepada guru dalam mengembangkan model pembelajaran hanya saja guru belum dapat menentukan model pembelajaran yang tepat, baru beberapa guru saja yang telah memilih model pembelajaran Think-Pair- Share terutama guru akhlak, maka model tersebut menarik bagi peneliti untuk melakukan penelitian dari sekolah tersebut.
Berangkat dari latar belakang diatas maka penulis merumuskan permasalahan sebagai berikut: Bagaimana efektifitas pembelajaran model kooperatif tipe Think-Pair-Share dalam meningkatkan prestasi mata pelajaran Akhlak peserta didik kelas X-3 SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan di Pekalongan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi proses pembelajaran akhlaq, mengukur prestasi peserta didik dalam pembelajaran akhlaq dan mengetahui peningkatan prestasi belajar peserta didik dalam mata pelajaran akhlaq dengan menggunakan metode tipe Think-Pair –Share. Adapun kegunaannya sebagai metode atau cara dalam upaya meningkatkan prestasi belajar, membantu dan memotivasi, melatih peserta didik memiliki kemampuan bertanya, berkomunikasi dan bekerjasama.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kuantitatif untuk mengetahui tingkat keefektifan pembelajaran model kooperatif tipe Think-Pair-Share tersebut, dengan jumlah populasi 33 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Metode Tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan uji t.
Berdasarkan hasil pembuktian hipotesis dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share efektif dalam meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran Akhlak peserta didik kelas X-3 SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan di Pekalongan. Hal ini secara nyata dibuktikan dari hasil t hitung sebesar 23,456, sedangkan t tabel sebesar 2,042. Sehingga t hitung lebih besar dari t tabel. Selain itu dihitung dari rata-rata sebesar 60 naik menjadi 79, hal ini menunjukan adanya kenaikan hasil belajar sebesar 31,67 %.
T8SKT80221.00 | PAI13.802 RUS e | My Library (lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain