SKRIPSI PAI
Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Akhlak Siswa Di MI Islamiyah Kambangan Kec. Blado Kab. Batang
Skripsi ini dilatarbelakangi bahwa akhlak peserta didik di sekolah banyak diwarnai oleh karakteristik guru yang mengajar. Guru perlu memiliki kemampuan profesionalitas dalam bidangnya. Guru harus mampu memberi wawasan, materi, mengarahkan dan membimbing peserta didiknya ke hal yang baik. Dengan penuh perhatian, sabar, ulet, tekun dan berusaha terus menerus, guru hendaknya melakukan pendekatan psikologis kepada peserta didik.
Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, timbul permasalahan yang akan diteliti dalam skripsi ini yaitu bagaimana upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam membina akhlak siswa diMI Islamiyah Kambangan Kec. Blado Kab. Batang, apa faktor pendukung dan penghambat guru Pendidikan Agama Islam dalam membina akhlak siswa di MI Islamiyah Kambangan Kec. Blado Kab. Batang, dan bagaimana hasil guru Pendidikan Agama Islam dalam membina akhlak siswa di MI Islamiyah Kambangan Kec. Blado Kab. Batang. Tujuan penelitian skripsi ini adalah untuk mengetahui upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam membina akhlak siswa di MI Islamiyah Kambangan Kec. Blado Kab. Batang, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru Pendidikan Agama Islam dalam membina akhlak siswa di MI Islamiyah Kambangan Kec. Blado Kab. Batang, dan untuk mengetahui hasil guru Pendidikan Agama Islam dalam membina akhlak siswa di MI Islamiyah Kambangan Kec. Blado Kab. Batang. Sedangkan kegunaan dari penelitian ini adalah: Secara Teoritis, hasil penelitian ini dapat memberikan informasi kepada pihak sekolah pada khususnya dan para pembaca pada umumnya tentang upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam membina ahklak siswa di lingkungan sekolah dan dapat menjadi bahan masukan yang bermanfaat bagi upaya guru dalam meningkatkan kualitas akhlak siswa di MI Islamiyah KambanganKec. BladoKab. Batang.Kemudiansecara praktis, hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangsih pemikiran dalam rangka penanaman nilai-nilai akhlak pada siswa dalam pembinaan akhlak secara intensifdandiharapkan kepada siswa untuk menerapkan akhlak mulia yang harus dimilikinya dalam kehidupan sehari-harinya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu prosedur penelitian yang menekankan analisisnya pada fenomena atau gejala yang bersifat alami jadi analisis data yang diwujudkan bukan dalam bentuk angka melainkan bentuk laporan dan uraian deskriptif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang dilakukan di kancah atau tempat terjadinyagejala-gejala yang diselidiki. Untuk mendapatkan data, penulis menggunakan teknik pengumpulan data antara lain:observasi, interview (wawancara), dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan penulis menyatakan bahwa upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam membina akhlak siswa di MI Islamiyah Kambangan dapat berjalan dengan cukup baik.Hal ini ditandai dengan adanya langkah-langkah yang diambil guru dalam upaya pembinaan akhlak siswa, yaitu: tindakan preventif, tindakan kuratif, dan tindakan represif. Selain itu, upaya pembinaan yang dilakukanoleh guru bekerjasama dengan orang tua siswa menimbulkan dampak positif dalam realitas di lapangan diantaranya: peningkatan kedisiplinan, baik kedisiplinan secara umum seperti: perlengkapan atribut sekolah, masuk tepat waktu, maupun kedisiplinan praktek ibadah yang dibuktikan dengan presensi siswa berupa tandatangan, dan peningkatan terhadap perilaku siswa di mana dengan adanya kontrol dari sekolah membuahkan hasil yang cukup baik dibuktikan dengan minimnya perkelahian di dalam kelas, berkurangnya pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan siswa di sekolah.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain