SKRIPSI PAI
Hubungan Sekolah Model PAI Dengan Akhlak Peserta Didik Di SD Negeri Panjang Wetan 06 Kota Pekalongan
Model pembelajaran adalah seperangkat prosedur yang berurutan untuk melaksanakan proses pembelajaran. Dalam upaya membantu membentuk akhlak yang mulia, Islam menetapkan bahwa pendidikan akhlak adalah jiwa pendidikan Islam, dan bahwa mencapai akhlak yang sempurna adalah tujuan pendidikan yang sebenarnya. Selain itu mempersiapkan akhlak mulia kepada peserta didik untuk kehidupan dunia dan akhirat, pendidikan Islam tidak hanya menaruh perhatian pada segi keagamaa saja dan tidak hanya segi keduniaan saja, tetapi ia menaruh pada kedua-duanya sekaligus dan ia memandang persiapan untuk keduanya itu sebagai tujuan tertinggi dan terakhir bagi pendidikan. Sebagaimana Hadits Rasulullah SAW. Menyiapkan pelajar dari segi profesional, teknis, supaya dapat menguasai profesi tertentu, teknis tertentu dan perusahaan tertentu, agar ia dapat mencapai rezeki di samping memelihara rohani dan keagamaan.
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka peneliti mencoba masalah yang akan dipecahkan yaitu : 1) Bagaimana sekolah model PAI yang diterapkan di SD Negeri Panjang Wetan 06, 2) Bagaimana akhlak peserta didik di SD Negeri Panjang Wetan 06, 3) Bagaimana hubungan sekolah model PAI dengan Akhlak peserta didik di SD Negeri Panjang Wetan 06. Sedangkan tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui penerapan Sekolah Model PAI di SD Negeri Panjang Wetan 06 Pekalongan, Akhlak peserta didik, serta hubungan penerapan model pembelajaran PAI dengan akhlak peserta didik di SD Negeri Panjang Wetan 06. Selain itu hasil kegunaan penelitian ini adalah sebagai tugas tambahan bagi guru untuk mendidik dan memperbaiki akhlak peserta didik dengan lebih baik serta sebagai bahan pengetahuan dalam mengembangkan potensi belajar peserta didik, dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan bagi sekolah untuk melakukan kebijakan tentang peningkatan kualitas akhlak peserta didik serta Proses Belajar Mengajar yang lebih baik.
Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang mana penelitian ini dilakukan dalam kancah kehidupan yang sebenarnya. dalam penelitian ini peneliti akan menggunakan metode sebagai berikut: 1) Observasi, 2) Angket, 3) Interview, dan 4) Dokumentasi. Selain itu analisa data yang peneliti pergunakan adalah analisa kuantitatif yaitu analisa data ini bersifat kuantitatif yang berwujud angka (numeric) hasil perhitungan peneliti dengan statistika yaitu dengan menggunakan rumus kolerasi product moment.
Dari analisa data tentang penerapan Sekolah Model PAI dengan Akhlak Peserta Didik, dapat diketahui angka korelasi antara Sekolah Model PAI dengan Akhlak Peserta Didik di SD Negeri Panjang Wetan 06 dengan rumus korelasi
product moment. Ternyata dari hasil perhitungan di atas, pada taraf signifikansi 5 % diperoleh tabel = 0,308, karena nilai rxy = 0,389 lebih besar dari nilai tabel = 0,308 atau rxy > r tabel sehingga dapat dikatakan bahwa ada korelasi signifikan antara Sekolah Model PAI dengan akhlak Peserta Didik di SD Negeri Panjang Wetan 06 Pekalongan. Dapat disimpulkan bahwa Hipotesis alternatif (Ha) diterima, sedangkan Hipotesis Nol (Ho) ditolak.
T7SKT78021.00 | PAI13.780 USP h | My Library (lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain