SKRIPSI PAI
Penerapan Strategi Pembelajaran Reading Aloud Dalam Pembelajaran Al-Quran Di SD Negeri 01 Wonosari Karanganyar Pekalongan
Skripsi ini dilatarbelakangi dengan adanya kemampuan manusia dalam
menerima materi pelajaran yang berbeda-beda. Oleh karena itu, guru harus jeli
terhadap kemampuan dan minat yang dimiliki oleh peserta didik dan harus selektif
terhadap metode yang digunakan agar sesuai dengan materi ajar dan kompetensi
yang akan dicapai. Sebab keefektivan pembelajaran ditentukan oleh model dan
strategi pembelajaran yang sesuai dengan isi materi yang akan dibelajarkan.
Strategi reading aloud merupakan salah satu strategi yang dapat digunakan dalam
membantu peserta didik untuk berkonsentrasi dan menggugah diskusi yang dapat
diterapkan dalam pembelajaran khususnya pembelajaran Al-Quran.
Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, timbul permasalahan yang akan diteliti dalam skripsi ini yaitu bagaimana penerapan strategi pembelajaran reading aloud dalam pembelajaran Al-Quran siswa kelas V di SDN 01 Wonosari Karanganyar Pekalongan, dan faktor-faktor apa saja yang mendukung dan
menghambat penerapan strategi reading aloud dalam pembelajaran Al-Quran siswa kelas V di SDN 01 Wonosari Karanganyar Pekalongan.. Tujuan penelitian skripsi ini adalah untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran reading aloud dalam pembelajaran Al-Quran siswa kelas V di SDN 01 Wonosari Karanganyar Pekalongan, dan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat penerapan strategi reading aloud dalam pembelajaran Al-Quran siswa kelas V di SDN 01 Wonosari Karanganyar Pekalongan. Sedangkan kegunaan dari penelitian ini adalah: Secara Teoritis: penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran dalam menentukan strategi pembelajaran yang tepat khususnya pada pembelajaran Al-Quran di tingkat sekolah dasar. Sedangkan secara praktis penelitian memiliki
kegunaan antara lain: bagi sekolah, penelitian ini dapat bermanfaat sebagai bahan
pertimbangan untuk mengambil langkah-langkah pemilihan strategi pembelajaran
yang efektif dalam meningkatkan mutu pendidikan terutama studi PAI materi Al-Quran di SDN 01 Wonosari Karanganyar, dan bagi guru PAI, hasil penelitian ini sebagai masukan dalam pemilihan strategi pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu prosedur penelitianyang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang dan perilaku yang dapat diamati. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan
(field research) yaitu penelitian yang dilakukan dikancah atau tempat terjadinya gejala-gejala yang diselidiki. Untuk mendapatkan data, penulis menggunakan teknik pengumpulan data antara lain: observasi, interview (wawancara), dan
dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan penulis menyatakan bahwa
Pelaksanaan pembelajaran Al-Quran di SDN 01 Wonosari Karanganyar Pekalongan sudah berjalan cukup baik. Pembelajaran Al-Quran dilaksanakan secara optimal yaitu dilaksanakan pada pembelajaran PAI dan BTQ. Dan
Penerapan reading aloud dalam pembelajaran Al-Quran di SDN 01 Wonosari
Karanganyar Pekalongan sudah cukup baik. Hal ini dapat dibuktikan dengan
adanya langkah-langkah dalam penerapan strategi reading aloud dalam
pembelajaran Al-Quran yaitu meliputi: Tahap Perencanaan Pelaksanaan
Kegiatan, Tahap Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran, dan Tahap Evaluasi. Selain
itu, penggunaan strategi reading aloud terbukti mampu meningkatkan hasil
belajar siswa pada pembelajaran Al-Quran di SDN 01 Wonosari Karanganyar
Pekalongan. Hal ini sesuai dengan hasil evaluasi melalui ulangan harian yang
diadakan oleh guru PAI pada siswa kelas V dalam pembelajaran Al-Quran.
Berdasarkan nilai hasil ulangan harian yang dilaksanakan diketahui bahwa terjadi
peningkatan hasil belajar siswa pada materi Al-Quran antara sebelum dan setelah
menggunakan strategi reading aloud, yaitu yang semula rata-rata hasil belajar
siswa hanya pada nilai 68,7 (69 %) meningkat menjadi 80,5 (81 %). Hal ini sesuai
dengan hasil evaluasi melalui ulangan harian yang diadakan oleh guru PAI pada
siswa kelas V dalam pembelajaran Al-Quran. Berdasarkan nilai hasil ulangan
harian yang dilaksanakan diketahui bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa
pada materi Al-Quran antara sebelum dan setelah menggunakan strategi reading
aloud, yaitu yang semula rata-rata hasil belajar siswa hanya pada nilai 68,7 (69 %)
meningkat menjadi 80,5 (81 %).
T7SKT79021.00 | PAI13.790 ROK p | My Library (lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain