SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Metode Pendidikan Islam Menurut Abdurrahman An-Nahlawi
Metode pendidikan merupakan salah satu unsur pendidikan yang tidak dapat diabaikan keberadaannya. Karena tidak adanya metode dalam sebuah pendidikan dapat mengakibatkan gagalnya suatu proses pendidikan yang dilaksanakan. Adanya ketepatan metode yang digunakan akan menunjang keberhasilan tujuan pendidikan. Dalam memilih metode, pendidik harus memperhatikan berbagai faktor pendidikan baik bahan ajar, Situasi atau kondisi pengajaran dimana berlangsung, peserta didik, kemampuan pendidik, fasilitas yang tersedia, waktu yang tersedia dan metode pendidikan serta tujuan yang hendak dicapai.
Rumusan masalah yang penulis teliti adalah apa metode pendidikan Islam an Nahlawi, kapan metode pendidikan Islam an Nahlawi diterapkan, Bagaimana penerapan metode pendidikan Islam an Nahlawi dan mengapa metode pendidikan Islam an Nahlawi penting. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan metode, ketentuan, penerapan dan urgensi metode pendidikan Islam an Nahlawi. Adapun kegunaan penelitian ini secara teoritis penelitian ini diharapkan bisa menambah khazanah ilmu keIslaman khususnya dibidang pendidikan Islam dan secara praktis berguna untuk memecahkan krisis pendidikan yang terjadi selama ini.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah secara kualitatif berarti bersifat naturalis atau kealamian mengenai jenis penelitian yang menggunakan penelitian kepustakaan yaitu pengumpulan data dan informasi yang diperoleh dari buku-buku dan catatan lainnya yang berkaitan dengan skripsi ini. Adapun teknik pengumpulan datanya dengan metode library reserch yaitu penelitian kepustakaan yang murni caranya dengan mengadakan pengkajian terhadap buku, kitab dan catatan lainnya yang menunjang skripsi ini. Sedangkan metode analisis yang digunakan adalah deskriptifvanalitis dan content analisis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode yang ditawarkan an Nahlawi melalui mengandung dasar-dasar, prinsip-prinsip dan tingkatan asas-asas metode pendidikan Islam serta dilihat dari sudut pandang pendidikan Islam dalam arti PAI maupun dari sudut pandang pendidikan Islam dalam arti lembaga pendidikan Islam maka disimpulkan bahwa metode pendidikan Islam yang ditawarkan an Nahlawi dirumuskan hanya untuk pembelajaran sebuah mata pelajaran atau mata kuliah. Tujuh metode tersebut lebih tepat untuk pembelajaran pendidikan Islam dalam arti PAI, serta dapat juga dikatakan metode pendidikan Islam yang ditawarkan an Nahlawi berorietasi pada ilmu-ilmu keIslaman masa lampau, karena hanya mencakup untuk pendidikan agama tidak mencakup pendidikan umum sebagaimana lembaga pendidikan Islam.
09SK098421.00 | SK PAI13.984 SHO m C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain