SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Sistem Boarding School Di MTs Gondang
Di era global pada zaman sekarang, dibutuhkan formula baru dalam dunia pendidikan yang diharapkan mampu menciptakan siswa-siswi yang mempunyai kualitas daya saing yang tinggi dan karakter yang sesuai dengan tuntunan Islam.Selain itu sistem pendidikan harus mampu menanggulangi dampak yang terjadi akibat dari era global itu sendiri. MTs Gondang merupakan salah satu lembaga pendidikan yang ada di KecamatanWonopringgo Kabupaten Pekalongan yang mengembangkan sistem boarding school yang mengedepankan keunggulan di bidang akademik dan pembentukan karakter sehingga mampu menjawab tantangan global di masa sekarang.Hal tersebut yang mendorong peneliti untuk melakukan penelitian ini.
Dari uraian tersebut dirumuskan permasalahan yaitu bagaimana sistem pendidikan boarding school yang dikembangkan di MTs Gondang, bagaimana nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam sistem boarding school di MTs Gondang, serta menjelaskan faktor pendukung dan penghambat penanaman nilai-nilai pendidikan karakter dalam sistem boarding school di MTs Gondang. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan sistem pendidikan boarding school di MTs Gondang, penerapan nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam sistem boarding school di MTs Gondang, dan menjelaskan faktor pendukung dan faktor penghambat penanaman nilai-nilai pendiidikan karakter dalam sistem boarding school di MTs Gondang.
Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) dengan satu fariabel yaitu nilai-nilai pendidikan karakter. Dengan data primer didapat dari kepala sekolah,pengurus yayasan, guru-guru, ketua pembina, pembina-pembina di MTs Gondang, siswa-siswi di asrama dan data sekunder yaitu data yang diperoleh dari warga masyarakat sekitar, data-data dari sumber lain yang relevan. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan interview dengan menggunakan analisis data bersifat induktif (grounded theory).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem boarding school di MTs Gondang menggabungkan sistem pendidikan pondok modern dan pondok salaf serta menggabungkan kurikulum Diknas, Depag dan ciri khusus Mts Gondang. Nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam sistem boarding school yaitu kemandirian, disiplin, kebersihan, tanggung jawab, hubungan sosial, pelaksanaan ibadah, percaya diri, sopan santun, dan punya daya saing. Selain itu faktor pendukung dalam penanaman nilai-nilai pendidikan karakter dalam sistem boarding school adalah sumber daya pendidik yang mumpuni, pembinaan pengurus tiap bulan, input siswa. Dan faktor penghambatnya adalah lingkungan yang masih terbuka, latar belakang siswa yang variatif, dan persepsi orang tua siswa yang salah terhadap boarding school.
09SK098321.00 | SK PAI13.983 ABI n C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain