SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI :Metode Ruqyah dalam Perspektif Psikologi Pendidikan
Metode Ruqyah dapat menanggulangi penyakit dan menyembuhkan orang sakit, baik sakit jasmani maupun rohani dengan menggunakan bacaan doa disertai ayat-ayat suci al Quran yang diiringi dengan mujahadah dan riyadlah serta usaha mendekatkan diri kepada Allah SWT. Sedangkan Psikologi pendidikan mempelajari tingkah laku manusia dalam menempuh pendidikan. Ruang lingkup pembahasan psikologi pendidikan meliputi sifat dan hakikat kejiwaan manusia, pengaruh hereditasdan lingkungan terhadap kepribadian manusia, belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi manusia untuk belajar. Apabila pendidikan disampaikan dengan memperhatikan psikologi siswa maka pendidikan akan lebih mudah tertanam pada jiwa siswa. Memperhatikan bahwa metode ruqyah bisa menyembuhkan orang yang terkena gangguan psikis ataupun penyakit lain, bahkan metode ruqyah bisa menanggulangi gangguan atau penyakit sebelum menimpa kepada manusia. Dengan latar belakang tersebut, rumusan dalam penelitian ini meliputi bagaimana tujuan, manfaat dan pelaksanaan metode ruqyah dalam perspektif psikologi pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian library research. Hasil analisis menunjukkan bahwa metode ruqyah harus dilaksanakan dengan ikhlas mengharap ridho Allah SWT. Dengan keikhlasan tersebut, Allah SWT akan memberikan pertolongan dan perlindungan kepada manusia, baik secara fisik maupun psikis atau kejiwaan. Pelaksanaan metode ruqyah diawali dengan mendekatkan diri pada Allah SWT dengan mujahadah dan riyadloh, kemudian melakukan doa disertai dengan melantunkan ayat-ayat al Quran untuk memohon apa yang dihajatkan. Dalam perspektif psikologi pendidikan, tujuan metode ruqyah mempunyai pengaruh atau peran di dalam ilmu psikologi sebagai perlengkapan ajar peserta didik. Dalam perspektif psikologi pendidikan pelaksanaan metode ruqyah juga merupakan pemenuhan dari kebutuhan rohani anak didik karena manusia secara fitrah adalah makhluk yang meyakini adanya kekuasaan Tuhan.
09SK098094.00 | SK 370.15 SAB t C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain