SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI..Korelasi pelaksanaan baca tulis Quran (BTQ) dengan prestasi belajar mata pelajaran baca tulis huruf al-quran (BTHA) peserta didik kelas VI di MIS Jenggot 04 Pekalongan
Penelitian ini dilatar belakangi adanya kebijakan dari Pemerintah Kota Pekalongan mulai tahun ajaran 2007/2008 mengeluarkan keputusan untuk memberikan bantuan guru BTQ baik di sekolah negeri maupun swasta pada tingkat SD/MI maupun SLTP dan memasukan BTQ sebagai mata pelajaran penunjang. Dalam lembaga pendidikan formal di Madrasah Ibtidaiyah, belajar membaca al Quran telah masuk dalam kurikulum, dengan mata pelajaran BTHA dan al Quran Hadits. Oleh karena itu masuknya pelaksanaan baca tulis Quran dalam MI akan sangat membantu dalam peningkatan prestasi belajar, khususnya di MIS Jenggot 04 Pekalongan. Mengacu hal tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan BTQ di MIS Jenggot 04 Pekalongan, bagaimana prestasi belajar mata pelajaran BTHA peserta didik kelas VI di MIS Jenggot 04 Pekalongan, bagiamana korelasi pelaksanaan baca tulis Quran terhadap prestasi belajar mata pelajaran BTHA peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pelaksanaan baca tulis Quran pada peserta didik kelas VI di MIS Jenggot 04 Pekalongan termasuk dalam kategori baik, adapun prestasi belajar BTHA yang diperoleh siswa juga dalam kategori baik. Setelah dianalisis dari nilai tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara pelaksanaan BTQ dengan prestasi belajar mata pelajaran BTHA di MIS Jenggot 04 Pekalongan.
09SK098088.00 | SK 2X7.322 2 MIK t C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain