SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Konsep Pendidikan AL Ghazali dalam Perspektif Ilmu Jiwa Perkembangan
Islam adalah agama yang memberikan dorongan yang besar pada pendidikan. Karena dengan pendidikan, sumber daya manusia dapat dibangun, kecerdasan bangsa dapat ditingkatkan dan kesejahteraan dapat direntang ke seluruh lapisan masyarakat. Dalam rangka membangun pendidikan, tidak lepas dari sistem yang digunakan. Banyak tokoh baik dari Islam maupun bukan yang menyumbangkan pikirannya dalam bidang pendidikan. Salah satu diantaranya adalah Al-Ghazali, yang merupakan seorang pemikir Islam sepanjang sejarah Islam. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini mengkaji bagaimana konsep pendidikan menurut Al Ghazali, bagaimana konsep pendidikan menurut ilmu jiwa perkembangan, dan bagaimana perbandingan antara pendidikan menurut al Ghazali dengan ilmu jiwa perkembangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan atau library research. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep pendidikan menurut Al-Ghazali adalah pendidikan merupakan satu-satunya jalan untuk menyebarluaskan keutamaan, mengangkat harkat dan martabat manusia dan menanamkan nilai kemanusiaan. Arah pendidikan menurut al-Ghazali adalah menuju manusia sempurna mencapai tujuan hidupnya yaitu kebahagiaan dunia dan akherat. Profesi guru merupakan profesi yang mulia dibandingkan dengan profesi lain. Sedangkan konsep pendidikan menurut ilmu jiwa perkembangan adalah psikologi perkembangan merupakan proses perubahan yang mengarah pada kemajuan yang menyebabkan tercapainya kemampuan dan sifat-sifat psikis yang baru, pendidikan merupakan usaha sadar memanusiakan manusia dan mengembangkan kualitas manusia, psikologi penting dipelajari oleh pendidik. Perbedaan konsep pendidikan menurut Al Ghazali dengan ilmu jiwa perkembangan hanya terletak pada tanggung jawab pendidikan bagi anak, yang menurut beliau merupakan tanggung jawab orang tua dan masyarakat, sedangkan dalam psikologi perkembangan merupakan tanggung jawab seorang pengajar.
09SK098071.00 | SK 2X7.423 37 MUS t C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain