SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI.....Pemikiran Hasan al Banna Tentang Pendidikan Islam Dalam Jamaah Al Ikhwan Al Muslimun
Salah satu upaya pembangunan peradaban umat manusia adalah melalui pendidikan. Dan pendidikan Islam merupakan proses panjang untuk menghasilkan individu-individu yang memiliki syakhsiyah Islam Mutakamilah atau kepribadian muslim yang integral yang merupakan salah satu unsur yang menjadi penopang bangunan sebuah peradaban. Salah satu tokoh pembaharu abad 14 H adalah Hasan al Banna yang memulai aktivitas pergerakannya dengan melakukan proses pembinaan individu muslim melalui pendidikan Islam atau tarbiyah Islamiyah. Sehingga rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengertian dan tujuan pendidikan Islam menurut Hasan Albana dalam jamaah Al Ikhwan Al Muslimun, bagaimana dasar pendidikan Islam menurut Hasan Albana dalam jamaah al Ikhwan Al Muslimin, dan bagaimana sejarah pendidikan Islam Hasan al Banna dalam jamaah Al Ikhwan Al Muslimun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian library research atau kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengertian pendidikan Islam dalam jamaah Al Ikhwan Al Muslimun dimaknai sebagai cara ideal dalam berinteraksi dengan fitrah manusia, baik secara langsung melalui kata-kata maupun secara tidak langsung dalam bentuk keteladanan. Tujuan pendidikan Islam dalam Jamaah Hasan Al Banna merupakan realisasi atas pemahaman Islam Kaffah, dan menetapkan berbagai tujuan pendidikan berdasarkan tingkatan-tingaktan. Berbagai faktor politik, sosial, budaya, sistem pengajaran dan kebudayaan yang berkembang di Mesir memiliki pengaruh yang nyata dalam kelahiran dan perkembangan jamaah Al Ikhwan Al Muslimun. Dalam konteks ini, kehadiran Hasan al Banna dengan pola pendidikan, kepribadian yang karismatik, kemampuan manajerial menjadi faktor fundamental dalam pertumbuhan dan perkembangan jamaah Al Ikhwan Al Muslimun.
09SK098061.00 | SK 2X7.423 37 SUL t C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain