Skripsi
TIDAK TERSAJI :Sistem Evaluasi Hasil Belajar Bidang Study Pendidikan Agama Islam Pada Madrasah Tsanawiyah (MTs) Terintegrasi Madrasah Diniyah (Study Kasus pada Siswa Kelas IX MTs Salafiyah Jenggot Pekalongan)
Pendidikan sangat penting, karena tujuan dari pendidikan yang sebenarnya adalah untuk memanusiakan manusia. Baik itu pendidikan formal seperti madrasah, ataupun pendidikan non formal. Disamping madrasah sebagai pendidikan formal, keberadaan madrasah diniyah sangatlah diperlukan karena pendidikan agama yang diperoleh di sekolah umum kurang memadai jumlah pelajarannya. Sementara kebutuhan akan pembinaan kehidupan beragama dan akhlaqul karimah bagi anak-anak cukup tinggi ditengah merosotnya nilai moral yang akhir-akhir ini melanda di kalangan pelajar. Proses kegiatan belajar mengajar pada madrasah diniyah seperti pada sekolah formal, mengacu pada kurikulum, metode pembelajaran dan proses evaluasi, untuk mengetahui apakah tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan itu dipertahankan, diperbaiki dengan implikasi perlu pula program pembelajaran selanjutnya. Mengacu hal tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi bagaimana sistem evaluasi pembelajaran pendidikan agama Islam di MTsS dan madrasah diniyah Jenggot Pekalongan, dan bagaimana implementasi pengintegrasian sistem evaluasi pendidikan agama Islam di MTs Salafiyah dan Madrasah Diniyah Jenggot Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem evaluasi hasil belajar bidang studi Pendidikan Agama Islam di MTs Salafiyah dan Madrasah Diniyah Jenggot Pekalongan dapat dikatakan baik, hal ini terbukti dengan adanya prosedur-prosedur perencanaan, pelaksanaan, dan hasil evaluasi yang sesuai dengan aturan. MTs Salafiyah Jenggot dapat dikatakan sebagai MTs Plus karena disana ada madrasah diniyah sebagai program tambahan yang berisi pelajaran-pelajaran muatan lokal dalam bidang Pendidikan Agama Islam.
09SK098007.00 | SK 2X7.331 2 MAU t C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain