SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Dalam Keluarga Pedagang Kaki Lima Jalan Kusuma Bangsa Kelurahan Panjang Wetan Pekalongan
Lingkungan keluarga merupakan media utama yang secara langsung berpengaruh
terhadap perilaku dan perkembangan anak. Apabila keluarga itu beragama Islam maka
pendidikan agama yang diberikan kepada anak adalah pendidikan Islam. Pendidikan
agama Islam berperan dalam usaha membentuk manusia yang beriman dan bertakwa
kepada Allah SWT, menghargai dan mengamalkan ajaran agama dalam bermasyarakat,
berbangsa dan bernegara. Maka dari itu pendidikan agama harus diajarkan pada anak sejak
dini. Adanya kesibukan orang tua dalam memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga misalnya
pedagang kaki lima, sehingga waktu untuk keluarga semakin berkurang. Terlebih lagi
kuatnya orientasi hidup yang materialistik membawa implikasi kurangnya perhatian
terhadap pendidikan agama Islam yang sesungguhnya sangat fundamental bagi
pembentukan anak yang saleh. Orang tua cenderung menyerahkan semua permasalahan ke
pihak sekolah, sebab mereka berpendapat bahwa sekolah lebih tahu apa yang dibutuhkan
oleh anak mereka di sekolah.
Rumusan masalah yang peneliti buat adalah: Bagaimana materi pendidikan agama
Islam bagi anak dalam keluarga pedagang kaki lima jalan kusuma bangsa kelurahan
Panjang Wetan Pekalongan, Bagaimana tujuan dalam memberikan pendidikan agama
Islam bagi anak, Bagaimana metode yang digunakan dalam memberikan pendidikan
agama Islam, Apa saja faktor pendukung dan penghambat pedagang kaki lima terhadap
pendidikan agama Islam pada anak. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan materi, tujuan, metode dan fakor pendukung serta penghambat pendidikan
agama Islam bagi anak dalam keluarga pedagang kaki lima jalan kusuma bangsa
kelurahan Panjang Wetan Pekalongan. Sedangkan kegunaan dari penelitian ini diharapkan
orang tua menyadari akan pentingnya pendidikan agama Islam bagi anak sebagai modal
hidup dan kesejahteraan masa yang akan datang dan berbuat sesuatu yang bermanfaat bagi
dirinya sendiri maupun orang lain.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian yang digunakan
adalah penelitian lapangan (field reseach). Sumber data yang digunakan adalah sumber
data primer dan sumber data sekunder. Sedangkan teknik pengumpulan data yaitu
wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif
kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pendidikan agama Islam bagi
anak dalam keluarga pedagang kaki lima kelurahan Panjang Wetan Pekalongan meliputi:
Materi pendidikan agama Islam bagi anak dalam keluarga pedagang kaki lima diantaranya
materi ibadah dan materi akhlak. Tujuan pendidikan agama Islam bagi anak dalam
keluarga pedagang kaki lima adalah mendidik budi pekerti anak agar selalu beribadah
kepada Allah SWT dan agar kelak mendapatkan kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat.
Adanya kesadaran orang tua bahwa juga berkewajiban mendidik anak dengan pendidikan
agama Islam. Metode pendidikan agama Islam bagi anak dalam keluarga pedagang kaki
lima diantaranya metode nasihat, metode keteladanan, dan metode hukuman. Faktor yang
mendukung pelaksanaan pendidikan agama Islam bagi anak dalam keluarga pedagang kaki
lima adalah adanya lembaga pendidikan Islam seperti TPQ, Sedangkan faktor yang
menghambat diantaranya adalah faktor intern berupa minimnya pengetahuan agama Islam
orang tua, faktor ekstern adalah pengaruh pergaulan dengan teman sebaya dan pengaruh
negatif media massa seperti internet, TV dan rental playstation.
09SK097821.00 | SK PAI13.978 SYA p C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain