SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Korelasi Antara Keikutsertaan Ekstrakurikuler BTQ Dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Di SMP Negeri 2 Tulis
Pendidikan merupakan suatu proses yang mempunyai tujuan, yang biasanya diusahakan untuk menciptakan pola- pola tingkah laku tertentu pada orang yang dididik. Pendidikan terbagi menjadi dua yaitu pendidikan formal dan informal. Sedangkan pendidikan di sekolah merupakan tergolong pendidikan formal. Konsep pendidikan di sekolah dibagi menjadi dua yaitu intrakurikuler dan ekstrakurikuler. Kegiatan ekstrakurikuler dimaksudkan sebagai pendamping mata pelajaran intrakurikuler. Namun, masih ada juga anggapan orang tua bahwa kegiatan ekstrakurikuler hanyalah kegiatan yang tidak ada hubungannya dengan pelajaran dan dianggap sebagai penyebab siswa malas belajar karena lelah mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Padahal tidak semua ekstrakurikuler tidak berhubungan dengan mata pelajaran intekurikuler. Misalnya saja ekstrakurikuler bidang keagamaan masih berhubungan dan merupakan pendamping mata pelajaran PAI yang dimaksudkan dapat memotivasi siswa dalam meningkatkan prestasi belajar siswa, khususnya pada mata pelajaran PAI. Ekstrakurikuler BTQ di SMP Negeri 2 Tulis diadakan karena banyak siswa-siswi yang berasal dari lingkungan yang minim baca tulis serta pengetahuan akan huruf hijaiyah kurang sehingga masih ada yang belum bisa membaca dan menulis al-qur’an. Jadi dengan adanya ekstrakurikuler BTQ diharapkan dapat membantu siswa-siswi dalam pencapaian indikator-indikator materi pada mata pelajaran PAI.
Masalah pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana keikutsertaan siswa pada kegiatan ekstrakurikuler BTQ di SMP Negeri 2 Tulis, bagaimana prestasi belajar mata pelajaran PAI pada siswa yang ikut kegiatan ekstrakurikuler BTQ di SMP Negeri 2 Tulis, serta adakah korelasi antara keikutsertaan siswa pada kegiatan ekstrakurikuler BTQ dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Tulis. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui keikutsertaan siswa pada kegiatan ekstrakurikuler BTQ, prestasi belajar siswa yang ikut kegiatan ekstrakurikuler BTQ pada mata pelajaran PAI, dan untuk mengetahui adakah korelasi antara keikutsertaan siswa pada ekstrakurikuler BTQ dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Tulis. Adapun kegunaan penelitian ini adalah untuk menambah pengetahuan dan wawasan tentang ekstrakurikuler, khususnya ekstrakurikuler bidang keagamaan yaitu pada ekstrakurikuler BTQ, untuk menambah pengetahuan dan wawasan tentang prestasi belajar, untuk mengetahui apakah
terdapat korelasi antara keikutsertaan ekstrakurikuler BTQ dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI, serta untuk memenuhi salah satu syarat dalam menyelesaikan studi jurusan Tarbiyah program studi Pendidikan Agama Islam di STAIN Pekalongan.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah siswa- siswi kelas VII dan kelas VIII SMP Negeri 2 Tulis yang berjumlah 242 siswa. Sedangkan sampel yang digunakan adalah seluruh siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler BTQ yang berjumlah 74 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah teknik sampling jenuh karena sampel yang digunakan adalah siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler BTQ saja yang berjumlah 74 siswa. Sumber data penulis peroleh dari data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data yang penulis gunakan antara lain: metode observasi, interview dan dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis data penulis menggunakan teknik analisis data statistik dengan menggunakan rumus korelasi product moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keikutsertaan siswa pada ekstrakurikuler BTQ di SMP Negeri 2 Tulis menunjukkan kategori sangat baik, dibuktikan dengan rata- rata kehadiran sebanyak 13 kali dan terletak pada interval 13- 14. Sedangkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI yang mengikuti ekstrakurikuler BTQ di SMP Negeri 2 Tulis menunjukkan kategori sangat baik, dibuktikan dengan rata- rata nilai 81 dan terletak antara interval 81- 100. Terdapat korelasi positif yang cukup antara keikutsertaan ekstrakurikuler BTQ dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Tulis. Hal ini dibuktikan dengan rxy yaitu sebesar 0,571 lebih besar dari rt baik taraf 5 % sebesar 0,227 maupun 1 % sebesar 0,296. Keduanya menunjukkan korelasi yang positif. Dengan demikian keikutsertaan siswa pada kegiatan ekstrakurikuler BTQ mempunyai hubungan yang signifikan dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Tulis.
09SK097321.00 | SK PAI13.973 ISR k C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain