SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Korelasi Tingkat Pengetahuan Dan Pemahaman Sholat Siswa Dengan Pengamalannya Di SMP Negeri 8 Pekalongan
Islam dibangun atas lima asas, yaitu Syahadat, Sholat, Zakat, Puasa, Haji
Salah satu asasnya adalah Sholat. Mengingat bahwa sholat merupakan salah satu
rukun Islam yang wajib dilaksanakan bagi seluruh umat Islam yang telah baligh
dan berakal sehat, maka mempelajari dan mengajarkannya agar dapat
dilaksanakan dengan sempurna juga merupakan suatu kewajiban, karena tidak
mungkin seseorang melaksanakan sholat itu hanya mengetahui esensi dari sholat
saja tanpa mengetahui kaifiat/tata cara melakukan sholat.
Dalam hal ini permasalahan yang diangkat adalah tingkat pengetahuan
dan pemahaman sholat wajib (lima waktu) bagi siswa–siswi kelas IX, SMP
Negeri 8 Pekalongan yang hampir semuanya sudah baligh, berarti mereka sudah
berkewajiban untuk melaksanakan sholat. Dan Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui, Bagaimana tingkat pengetahuan dan pemahaman sholat siswa SMP
Negeri 8 Pekalongan; Bagaimana tingkat pengamalan sholat siswa SMP Negeri 8
Pekalongan; Bagaimana korelasi antara tingkat pengetahuan dan pemahaman
sholat dengan pengamalan sholat siswa SMP Negeri 8 Pekalongan.
Metode penelitian : penelitian dari skripsi ini adalah pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP
Negeri 8 Pekalongan dengan sampel yakni seluruh siswa kelas IX A. Instrumen
penelitian adalah tes untuk mengetahui tingkat pengetahuan dan pemahaman
sholat siswa SMP Negeri 8 Pekalongan serta angket untuk mengetahui
pengamalan sholat siswa SMP Negeri 8 Pekalongan. Teknik analisis data yang
digunakan adalah korelasi product moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat Pengetahuan dan
Pemahaman Sholat Siswa SMP Negeri 8 Pekalongan termasuk pada kualifikasi
baik. Hal ini ditunjukkan oleh nilai rata-rata sebesar 76,43; (2)pengamalanSholat
Siswa SMP Negeri 8 Pekalongan termasuk pada kualifikasi baik.Hal ini
ditunjukkan oleh nilai rata-rata sebesar 71,96; (3) terdapat korelasi positif yang
kuat antara Tingkat Pengetahuan dan Pemahaman Sholat dengan Pengamalan
Sholat Siswa SMP Negeri 8 Pekalongan. Hal ini dibuktikan dari perhitungan
statistik dengan rumus korelasi product moment sehingga diperoleh nilai koefisien
������ sebesar 0,76 dan setelah dikonsultasikan dengan tabel rproduct moment
menunjukkan bahwa ������ lebih besar dari rtabel, baik pada taraf signifikansi 5%
ataupun 1%, yang berarti bahwa semakin tinggi tingkat Pengetahuan dan
Pemahaman Sholat, maka pengamalan sholat siswa semakin meningkat.
09SK096621.00 | SK PAI13.966 JAU k C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain