SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Bagi Peningkatan Kemandirian Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Quran Hadits Kelas VII Di MTs Ishthifaiyah Nahdliyah Banyurip Ageng Pekalongan
Penggunaan LKS selama ini sudah direalisasikan oleh guru MTs IN ( Ishthifaiyah Nahdliyah ) Banyurip Ageng Pekalongan salah satunya yang mengajar mata pelajaran Quran hadits di kelas VII sebagai sumber belajar bagi siswanya. Namun dari pengamatan penulis, penggunaan LKS pada mata pelajaran Quran Hadits kelas VII di MTs IN kurang maksimal sehingga Sebagian siswa ada yang sudah mandiri dan ada juga siswa yang belum mandiri seperti yang diharapkan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) pada siswa kelas VII di MTs IN ( Ishthifaiyah Nahdliyah ) Banyurip Ageng Pekalongan ? Bagaimana kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran Quran hadits kelas VII di MTs IN ( Ishthifaiyah Nahdliyah ) Banyurip Ageng Pekalongan? Bagaimana penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) bagi peningkatan kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran Quran Hadits kelas VII di MTs IN ( Ishthifaiyah Nahdliyah ) Banyurip Ageng Pekalongan?
Tujuan penelitian adalah Untuk mengetahui penggunaan LKS pada mata pelajaran Quran hadits siswa kelas VII MTs IN ( Ishthifaiyah Nahdliyah ) Banyurip Ageng Pekalongan.
Untuk mengetahui kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran Quran hadits kelas VII MTs IN ( Ishthifaiyah Nahdliyah ) Banyurip Ageng Pekalongan.
Untuk mengetahui korelasi penggunaan Lembar Kerja Siswa ( LKS ) bagi peningkatan kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran Quran Hadits kelas VII di MTs IN ( Ishthifaiyah Nahdliyah ) Banyurip Ageng Pekalongan.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Reseach) sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan metode yang digunakan adalah metode observasi, wawancara,dokumentasi dan angket.
Dalam menganalisis data penulis menggunakan teknik analisis product moment dengan menggunakan korelasi antara dua variabel yaitu variabel x yang berupa data hasil angket kemandirian dan variabel Y yang berupa data hasil mid semester 2. Setelah dilakukan perhitungan diperoleh hasil rasio hitung dengan nilai 0,420. Menurut tabel interpretasi nilai angka tersebut menunjukkan Antara variabel X dan Y terdapat korelasi yang cukup / sedang. Selanjutnya data tersebut dibandingkan dengan data rasio tabel dengan kriteria derajat bebas (db) 38 dan tingkat kesalahan 5 % dan 1% diperoleh nilai rasio tabel 0,312 untuk tingkat kesalahan 5% dan 0,402 untuk tingkat kesalahan 1%. Dari data tersebut
diketahui bahwa rasio hitung lebih besar dibanding rasio tabel yang berarti
hipotesis alternatif ditolak dan hipotesis nihil diterima.
Berdasarkan analisis penulis menyimpulkan bahwa terdapat hubungan
yang signifikan antara Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan
Peningkatan Kemandirian Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Quran Hadits
Kelas VII Di MTs IN Banyurip Ageng Pekalongan. Hal ini juga dibuktikan
dengan hasil obsevasi dan wawancara bahwa sebelum penggunaan LKS di MTs
tersebut siswa cenderung pasif dan menunggu instruksi guru dalam setiap
pembelajaran berlangsung. Setelah adanya penggunaan LKS siswa mulai beranjak
aktif dalam kegiatan belajar mengajar dengan atau tanpa didampingi guru pun
siswa dapat mendapatkan materi dan latihan yang menunjang prestasi belajar
siswa. Dari hasil observasi juga menunjukan adanya peningkatan nilai hasil
belajar siswa semenjak digunakannya LKS.
09SK096421.00 | SK PAI13.964 FUR p C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain