SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Korelasi Pembelajaran Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Terhadap Karakter Peserta Didik Di MI Islamiyah Besani Kecamatan Blado Kabupaten Batang
Pembelajaran Aqidah Akhlak adalah upaya sadar dan terencana dalam menyiapkan peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati dan mengimani Allah SWT. dan merealisasikannya dalam perilaku akhlak mulia dalam kehidupan sehari-hari melalui kegiatan bimbingan pengajaran, latihan, penggunaan pengalaman dan pembiasaan. Karakter peserta didik adalah bentuk kepribadian seseorang melalui pendidikan akhlak, yang hasilnya terlihat dalam tindakan nyata seseorang, yaitu tingkah laku yang baik, jujur, bertanggung jawab, menghormati hak orang lain, kerja keras, dan sebagainya
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran Aqidah Akhlak di MI Islamiyah Besani, untuk mengetahui karakter peserta didik MI Islamiyah Besani, untuk mengetahui korelasi pembelajaran Aqidah Akhlak terhadap karakter peserta didik di MI Islamiyah Besani Kecamatan Blado Kabupaten Batang.pembelajaran Aqidah Akhlak di MI Islamiyah Besani pada umumnya sudah cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari materi pembelajaran, metode yang digunakan, sumber belajar dan peserta didik yang kondisional. Dari hasil penelitian, karakter peserta didik di MI Islamiyah Besani sudah termasuk dalam kategori baik.
Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode observasi, interview, angket, dan dokumentasi. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (Field Risearch). Jenis analisis data menggunakan analisis pendahuluan, uji hipotesis, dan analisis lanjut.
Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa pembelajaran aqidah akhlak termasuk dalam kategori Baik karena berada pada interval 82-87 yaitu sebesar 83,06 %. Sedangkan karakter peserta didik di MI Islamiyah Besani Kecamatan Blado Kabupaten Batang termasuk kategori Baik karena berada pada interval nilai 80-84 yaitu sebesar 83,16 %. Ternyata dari hasil perhitungan diatas, pada taraf signifikan 5% diperoleh pada tabel = 0,361 tabel, karena nilai rxy = 0,491 lebih besar dari nilai tabel = 0,361 atau rxy > rtabel, pada taraf signifikan 1% diperoleh pada tabel = 0,463, karena nilai rxy = 0,491 lebih besar dari nilai tabel = 0,491 atau rxy > r tabel, sehingga dapat dikatakan bahwa ada hubungan antara variabel x (pembelajaran aqidah akhlak) dengan variabel y (karakter peserta didik di MI Islamiyah Besani Kecamatan Blado Kabupaten Batang). Dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima.
09SK096121.00 | SK PAI13.961 TAU k C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain